get app
inews
Aa Read Next : Viral, Pemain Uzbekistan Menghirup Sesuatu Saat Lawan Timnas Indonesia U-23

5 Jenis Kopi Robusta Terbaik di Indonesia, Pecinta Kopi Wajib Coba

Jum'at, 29 Juli 2022 | 06:47 WIB
header img
Kopi Indonesia (foto; iNews.id/Putra)

JAKARTA, iNews.id - Bagi penikmat kopi mungkin sudah tidak asing lagi dengan deretan jenis kopi robusta terbaik di Indonesia berikut ini. Sebagai salah satu negara penghasil kopi robusta terbesar di dunia, Indonesia pastinya memiliki beragam jenis kopi robusta.

Bahkan, di setiap daerah di Indonesia memiliki jenis kopi robusta yang berbeda-beda dan tentunya memiliki cita rasa yang khas.
Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima jenis kopi robusta terbaik di Indonesia. Apa saja?

Jenis Kopi Robusta Terbaik di Indonesia

1. Robusta Lampung

Lampung memang dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia. Tak hanya dari Indonesia, penggemar kopi robusta Lampung juga berasal dari mancanegara. 

Dikutip dari website resmi Kementerian Luar Negeri, kopi robusta Lampung menjadi salah satu penyumbang kontribusi ekspor terbesar di Indonesia.

Kopi robusta Lampung ditanam di dataran rendah pada ketinggian 600 mdpl dengan kondisi tanah yang bagus. Hal ini menjadikan kopi robusta Lampung memiliki tekstur yang sangat lembut dengan rasa asam dan pahit, serta memiliki aroma perpaduan antara coklat dan rempah-rempah. 

2. Robusta Flores

Jenis kopi robusta terbaik di Indonesia berikutnya adalah robusta Flores. Di Flores, kopi robusta ini banyak dihasilkan di Ende. 
Kopi jenis ini dikenal memiliki citarasa unik yang merupakan gabungan dari cereal, wheat, nutty, dan good body. Rasanya yang unik membuat kopi asal Flores, NTT ini memiliki banyak penggemar.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut