get app
inews
Aa Read Next : Berikut Rekomendasi Tempat Camping di Kota Malang, Cocok Untuk Liburan

Perjalanan PO Medali Mas, Berawal Kena Tipu Kini Punya Puluhan Armada Mewah

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 17:05 WIB
header img
Perjalanan perusahaan otobus (PO) dibangun dari nol hingga sukses selalu menarik perhatian, salah satunya PO Medali Mas. (Foto: Instagram Medali Mas)

JAKARTA, iNews.id - Perjalanan perusahaan otobus (PO) dibangun dari nol hingga sukses selalu menarik perhatian. Salah satunya adalah PO bus asal Kota Malang, Jawa Timur, Medali Mas.

Bus berwarna merah dengan ciri khas bintang-bintang lahir dari kesengsaraan pendirinya, Subagyo Cahyono. Edi Cahyono, generasi penerus PO Medali Mas menceritakan kisah perusahaannya.

Dia menuturkan sebelumnya sang ayah sempat bekerja di salah satu PO bus. "Sebelumnya, ayah kerja di salah satu PO yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Dia kena tipu, lalu dibayar dengan satu unit bus," ujar Edi, seperti dikutip dari kanal YouTube PerpalZ TV, Jumat (26/8/2022).

"Bus ini dijual enggak bisa, mau tidak mau ya dijalankan. Pada 1974 buka rute Malang-Surabaya-Jember. Terus berjalan, baru 1976 dibentuk nama sendiri Medali Mas. Saat pertama berdiri hanya satu unit yang beroperasi," katanya.

Edi menuturkan pertama kali Medali Mas berdiri pada 4 Agustus 1976. Armada yang digunakan adalah bus dengan sasis dari pabrikan Amerika Serikat, Ford. Adapun trayek pertama Medali Mas adalah Malang-Surabaya-Magetan.

Terkait nama, Edi mengungkapkan Medali Emas artinya menjadi yang terbaik. "Kita ngomongkan atlet, untuk mendapat medali emas butuh perjuangan. Itulah salah satu yang masih saya pegang. Memberikan pelayanan terbaik dengan harga terjangkau," katanya.

Pada 1990-an mulai merintis pariwisata menggunakan bus Hino. Pada 2000 awal membuka divisi antar kota antar provinsi (AKAP) Malang -Denpasar. Kemudian Malang-Surabaya-Semarang menggunakan mesin Mercedes-Benz Intercooler.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut