get app
inews
Aa Read Next : Mekotek! Tradisi Unik Masyarakat Adat Bali, Uji Nyali Bagi Kaum Laki-Laki

Mengenal Pulau Janda, Sering Didatangi Warga Asing yang Mencari Peruntungan

Senin, 29 Agustus 2022 | 06:00 WIB
header img
Koh Rong atau Pulau Janda di Kamboja (Foto: whereoutthere.com)

MENGENAL asal muasal Pulau Janda di Kamboja yang sering didatangi warga asing untuk cari peruntungan. Pulau ini terletak sekitar 30 kilometer arah selatan Kota Phnom Penh.

Pulau sejatinya bernama Dao Koh Rong dan penduduk asalinya hampir tak ada laki-laki. Semua penghuninya adalah wanita dan kebanyakan janda. Itulah sebab dijuluki Pulau Janda.

Pulau Janda yang ditinggali sekitar sekitar 40 perempuan dan 107 anak-anak memiliki alam yang indah, sehingga sering menjadi tujuan turis asing untuk berwisata.

Para wanita yang tinggal di Desa Koh Rong tersebut kebanyakan wanita yang sudah ditinggalkan oleh suaminya. Ada yang karena cerai mati alias suaminya meninggal dunia, ada juga yang ditinggalkan karena si wanita mengalami pelecehan seksual. Bahkan beberapa di antaranya jadi janda karena suaminya diculik.

Singkatnya, semua wanita di desa ini pernah berada dalam keadaan yang sangat sulit dan kemiskinan. Bahkan, mereka tidak memiliki akomodasi yang layak, hanya mengemis dan mengais-ngais di jalanan.

Atas bantuan sebuah LSM di Phnom Penh, para wanita ini dipindahkan ke pulau Koh Rong untuk memulai hidup mereka kembali. Berkat dukungan dari negara, para wanita ini memiliki rumah untuk ditinggali dan mulai menjalani kehidupan yang mandiri.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut