get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi Bakmi Jawa Enak di Ponorogo, Ada yang Sejak Tahun 1974

Begini Perbedaan Wewe Gombel dan Kalong Wewe, Hantu Penculik Anak Kecil

Senin, 29 Agustus 2022 | 06:30 WIB
header img
Ilustrasi (Shutterstock)

MENGULAS perbedaan wewe gombel dan kalong wewe, hantu yang populer di kalangan masyarakat Jawa. Makhluk astral ini dipercaya sebagian orang sebagai sosok penculik anak kecil yang berkeliaran sendirian saat magrib.

Wewe gombel dan kalong wewe adalah legenda urban yang sering diceritakan turun-temurun. Bahkan para orangtua sering menjadikan cerita ini untuk mendisiplinkan anaknya agar tak berkeliaran di luar rumah saat matahari sudah terbenam.
 

Meski ada yang mengganggap wewe gombel dan kalong wewe sama, tapi ternyata dalam kisahnya kedua sosok itu berbeda. Lantas, apa saja perbedaan wewe gombel dan kalong wewe?

Simak perbedaan wewe gombel dan kalong wewe

1. Wewe Gombel

Konon, masyarakat percaya bahwa Wewe Gombel berasal dari Gunung Gombel. Masyarakat Jawa mempercayai bahwa hantu yang satu ini gemar menculik anak kecil atau balita.

Hantu ini menculik anak kecil bukan tanpa tujuan atau hanya main-main saja, melainkan untuk mengingatkan sang ibu anak tersebut agar berfikir dan lebih baik lagi untuk menjaga anaknya.

Masyarakat menggambarkan wujud wewe gombel dengan wujud yang sangat buruk dan menjijikan. Hantu ini digambarkan memiliki buah dada yang menjuntai besar dan panjang. Bahkan, banyak sumber mengatakan bahwa buah dadanya sampai pusat perutnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut