get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Sawah Klasik Madiun, Cafe Unik dan Instagramable hingga Ada Museum Angkut

Satpam Museum Ini Iseng Coret Lukisan Senilai Rp18 Miliar, Dikira Tak Berharga

Senin, 29 Agustus 2022 | 19:33 WIB
header img
Seorang satpam museum mencoet lukisan senilai Rp18,2 miliar (Foto: The Art Newspaper)

MOSKOW, iNews.id - Pengadilan di Ekaterinburg, Ural, Rusia, Senin (29/8/2022), menghukum seorang sekuriti museum dengan 180 jam kerja sosial atas tindakan vandalismenya, mencoret lukisan berharga. Pria bernama Aleksandr Vasilyev itu menambahkan bulatan kecil untuk membentuk mata pada lukisan sosok tanpa wajah pada lukisan.

Vasilyev juga diperintahkan untuk mencari bantuan psikiater terkait perbuatannya itu. Dia tak bisa berkilah dari tuduhan karena aksinya terekam di CCTV.

Dikutip dari RT, insiden itu terjadi pada Januari 2022, pria yang juga veteran perang itu ditugaskan sebuah perusahaan keamanan swasta untuk menjaga Museum Yeltsin Center. 

Lukisan yang dicoret tersebut berjudul Three Figures karya Anna Leporskaya, seorang mahasiswa seni, pada 1930-an. Leporskaya merupakan murid dari seniman besar Kazimir Malevich. Lukisan itu dipinjamkan dari Galeri Tretyakov di Moskow.

Dalam sidang, Vasilyev mendengar beberapa pengunjung berkomentar bahwa tiga sosok dalam lukisan itu akan terlihat lebih bagus dengan penampilan wajah sempurna. Itu yang mendorongnya untuk iseng mengeluarakan pena lalu menambahkan mata.

Dia juga berani mencoretnya karena mengira lukisan itu hanya buatan mahasiswa yang tak terlalu berharga. Namun, penilaiannya salah, sang pemilik memperkirakan kerugian dari aksi vandalisme itu mencapai 250.000 rubel atau sekitar Rp61 juta, sementara nilai lukisan tersebut 75 juta rubel atau sekitar Rp18,2 miliar.

Pengacara berupaya meminta hakim untuk meringankan hukuman sehingga kliennya terhindar dari catatan kriminal. Namun pengadilan menolak permintaan tersebut lantaran Vasilyev ngeyel atau tidak mengakui kesalahan.

Beberapa tokoh, termasuk gubernur wilayah Ural menyerukan grasi bagi Vasilyev.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut