get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Satu Keluarga Tewas Berpelukan Saat Rumahnya Terbakar

Melihat Rumah Ratu Elizabeth II Semasa Hidup di Fiji

Minggu, 18 September 2022 | 13:14 WIB
header img
Rumah dibangun khusus untuk Ratu Elizabeth II di Fiji (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - FIJI – Kematian Ratu Elizabeth II tidak saja membuat warga Inggris berduka namun juga masyarakat dunia. Namun sang ratu juga banyak meninggalkan sebuah kenangan.

Banyak kenangan menyelimuti kehidupan Ratu Elizabeth II. Salah satunya adalah rumah yang dibangun khusus untuk dirinya di Fiji. Tepatnya di sebuah pulau bernama Bau hanya 10 menit dari daratan Fiji, Viti Levu. Ratu dan Pangeran Philip diketahui melakukan perjalanan yang sama pada 1982 saat peluncuran rumah itu.

Mereka telah melakukan perjalanan ke ibu kota Fiji, Suva, naik Royal Britannia, perhentian terakhir dari tur Pasifik Selatan yang dimulai dengan Commonwealth Games di Australia.

Ketika Ratu Elizabeth II tiba di pulau itu pada 1982, kepala desa menyambutnya dalam diam. Ini adalah  tanda penghormatan terhadap budaya lokal.

Selama waktunya di Bau, Yang Mulia membuka pertemuan dewan besar kepala, yakni keturunan tradisional penguasa Fiji.

Tanda-tanda kunjungannya masih bisa dilihat sampai sekarang. Kepala desa memberi tahu tim BBC jika bangunan di pulau itu ditingkatkan sebelum kunjungan Ratu dan bahwa satu rumah dibangun khusus untuknya. Ratu menggunakannya untuk beristirahat selama perjalanannya.

Meski kecil, namun Bau memiliki tempat yang sangat penting dalam sejarah Fiji yang kaya. Itu adalah pusat kekuasaan di lebih dari 300 pulau di negara itu sebelum diserahkan ke Inggris pada 1879, sebagai imbalan atas perlindungan terhadap kerajaan.

Hingga hari ini, Persemakmuran menemukan banyak pendukungnya yang paling vokal di kawasan Pasifik. Pulau-pulau tersebut mengambil bagian dalam kegiatan Persemakmuran dan Yang Mulia tetap menjadi raja konstitusional dari empat Kepulauan Pasifik bersama dengan Australia dan Selandia Baru sampai kematiannya

 

 

 

 

tayang di https://news.okezone.com/read/2022/09/09/18/2664162/rumah-khusus-untuk-ratu-elizabeth-ii-dibangun-di-fiji-digunakan-untuk-istirahat-selama-perjalanan?page=1

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut