get app
inews
Aa Read Next : Tetapkan Anggota TNI Sebagai Tersangka, KPK Minta Maaf

Tragedi Kanjuruhan, Panglima TNI Bakal Proses Prajurit yang Melakukan Tindakan Kekerasan

Senin, 03 Oktober 2022 | 14:43 WIB
header img
Panglima TNI, Andika Perkasa bakal tindak prajurit yang menendang penonton ( Foto : Dok. iNews)

JAKARTA, iNews.id - Tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan mulai dilakukan penyelidikan bahkan untuk oknum anggota TNI yang juga melakukan pengamanan di Stadion. Hal ini membuat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memastikan bakal menjerat anggota TNI yang menendang suporter Arema dari belakang. Andika memastikan tindakan prajurit itu bukan dalam rangka membela diri.

Sebelumnya beredar video yang memperlihatkan anggota TNI melakukan tindakan berlebihan saat pengamanan pertandingan Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022). Prajurit itu terlihat menendang suporter Arema dari belakang.

"Ya kita sudah sejak kemarin sore melakukan investigasi sekaligus kita lanjutkan dengan proses hukum. Karena apa? karena memang yang viral itu, itu kan sangat jelas tindakan di luar kewenangan," kata Andika di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Jenderal Andika menegaskan kasus ini bukan soal disiplin lagi, melainkan sudah masuk tindak pidana.

"Jadi kita tidak akan mengarah pada disiplin, tidak, tetapi pidana. Karena memang itu sudah sangat berlebihan. Itu bukan dalam rangka mempertahankan diri atau misalnya bukan. Itu termasuk bagi saya masuk ke tindak pidana," katanya. 

Meski demikian, Andika belum dapat memastikan anggota TNI itu berasal dari satuan mana. Andika meminta waktu hingga Selasa (4/10/2022) sore besok untuk mengungkap pelaku dalam video viral tersebut. 

"Ya kita satuan akan telusuri dulu. Biarkan kami tuntaskan sampai dengan besok sore. Kita janji," kata Andika. 

Andika juga meminta masyarakat melapor jika ada lagi prajuritnya yang melakukan tindak kekerasan. Masyarakat katanya bisa mengirimkan bukti video melalui Pusat Penerangan TNI.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut