get app
inews
Aa Read Next : Korban Tragedi Kanjuruhan Bisa Tuntut Ganti Materi, LPSK: Kita Dampingi

Komnas HAM Akan Beberkan Hasil Investigasi Awal Tragedi Kanjuruhan Hari ini

Rabu, 12 Oktober 2022 | 06:45 WIB
header img
Komnas HAM akan beberkan temua awal tragedi Kanjuruhan

JAKARTA, iNews.id - Paska tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) melakukan investigasi dan penyelidikan. Bahkan hari ini akan disampaikan temuan awal atas hasil penyelidikan tragedi yang menewaskan ratusan orang, pada Sabtu 1 Oktober 2022 lalu.

Atas tragedi tersebut, sebanyak 132 orang dilaporkan meninggal dunia akibat patah tulang, trauma di kepala dan leher dan asfiksia atau kadar oksigen dalam tubuh berkurang. Penyelidikan tersebut dilakukan Komnas HAM pada 2 hingga 10 Oktober 2022.

“Komnas HAM RI telah melakukan serangkaian pemantauan dan penyelidikan atas Tragedi Kemanusiaan Stadion Kanjuruhan, Malang 1 Oktober 2022 yang dilaksanakan pada 2-10 Oktober 2022,” tulis Koordinator Bidang Hubungan Masyarakat Komnas HAM, Kurniasari Novita Dewi dalam surat undangan yang diterima MNC Portal, Selasa (11/10/2022) malam.

 

Diketahui sebelumnya, Sabtu 1 Oktober 2022, terjadi kericuhan usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dengan skor akhir 2-3 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Kekalahan itu menyebabkan sejumlah suporter turun dan masuk ke dalam area lapangan.

Kerusuhan tersebut semakin membesar dimana sejumlah flare dilemparkan termasuk benda-benda lainnya. Petugas keamanan gabungan dari kepolisian dan TNI berusaha menghalau para suporter tersebut dan pada akhirnya menggunakan gas air mata.

 

Akibat kejadian itu, sebanyak 132 orang dilaporkan meninggal dunia akibat patah tulang, trauma di kepala dan leher dan asfiksia atau kadar oksigen dalam tubuh berkurang.

 

 

 

 

artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul: https://nasional.okezone.com/read/2022/10/12/337/2685282/siang-ini-komnas-ham-bakal-beberkan-temuan-awal-tragedi-kanjuruhan?page=1

 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut