get app
inews
Aa Read Next : Viral! Diduga Dibuntuti Dept Collector, Pengendara Motor Harus di Kawal Polisi

LBH Pos Malang Sayangkan Rekonstruksi Tidak Dilakukan di Stadion Kanjuruhan

Rabu, 19 Oktober 2022 | 20:25 WIB
header img
Tim penyidik gabungan menggelar rekonstruksi 32 adegan Tragedi Kanjuruhan di Lapangan Mapolda Jatim. (Foto: Hari Tambayong)

MALANG, iNews.id - LBH Pos Malang menyayangkan rekonstruksi tragedi Kanjuruhan yang digelar Tim investigasi Polri bersama TGIPF. Dimana rekonstruksi ini tidak digelar di Stadion Kanjuruhan yang menjadi tempat kejadian perkara (TKP).

Koordinator LBH Pos Malang, Daniel Siagian menuturkan, pengusutan tragedi Kanjuruhan ini termasuk dalan kepentingan publik, terutama untuk korban dan Aremania. Karenanya rekonstruksi seharusnya dilakukan secara terbuka di Stadion Kanjuruhan, bukan secara tertutup di Polda Jatim.

“Rekonstruksi kejadian seharusnya dilakukan secara transparan dan akuntabel, termasuk juga dilakukan secara terbuka di Stadion Kanjuruhan. Bukan secara tertutup di Polda Jatim karena akan menimbulkan keraguan terkait transparansi hasil rekonstruksi,” kata Daniel, Rabu (19/10/2022).

Dia melanjutkan, LBH Pos Malang yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil (LBH pos Malang,YLBHI, LBH Surabaya, IM57+ Institute, Lokataru) menilai bahwa keterlibatan publik untuk memantau jalannya rekonstruksi harus menjadi prioritas utama dalam pengusutan tragedi kanjuruhan.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut