get app
inews
Aa Read Next : Deretan Negara Gudangnya Wanita Muslim Tercantik Dunia, Indonesia Urutan Pertama

Jumlah Penduduk Qatar Tuan Rumah Piala Dunia Pemeluk Agama Islam

Sabtu, 19 November 2022 | 18:24 WIB
header img
Jumlah penduduk muslim Qatar tuan rumah Piala Dunia 2022 (ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Negara Qatar tahun ini menjadi tuan rumah olahraga sepakbola terbesar yaitu Piala Dunia 2022. Sebanyak 32 negara yang berhasil lolos akan bertanding dalam kompetisi empat tahunan ini.

Hal ini jelas jutaan pasang mata akan tertuju pada negara Qatar, belum ditambah para pendukung dari berbagai negara juga akan datang.

Dikutip dari Kemlu.go.idQatar adalah negara kerajaan berdaulat dan merdeka di Timur Tengah. Bertempat di semenanjung yang menjorok ke Teluk Arab dengan luas sekira 11,521 kilometer persegi.

Sejak merdeka dari Inggris pada tahun 1971, Qatar muncul sebagai salah satu negara penghasil minyak dan gas paling berpengaruh di dunia.

Banyak orang penasaran mengetahui fakta tentang negara yang dikenal sebagai pengekspor minyak bumi terbesar di dunia ini. Salah satunya mengenai penduduk Qatar yang mayoritas memeluk agama Islam.

Qatar menjadi negara mayoritas Muslim yang hukum dan adatnya mengikuti tradisi Islam. Sejak 2013, negara ini telah diperintah oleh HH Sheikh Tamim bin Hamad bin Khalifa Al-Thani.

Islam pun menjadi agama mayoritas sekaligus agama resmi di Qatar. Sedangkan agama lainnya yang ada di Qatar merupakan agama-agama yang dianut oleh para imigran luar negeri. 

Menurut data dari CIA World Factbook; 77,5 persen dari populasi Qatar adalah Muslim; 8,5 persen beragama Kristen; dan 14 persen lainnya kebanyakan Hinduisme dan agama India lainnya. Pekerja luar negeri yang tercatat di negara ini, terutama berasal dari Asia Selatan dan Amerika.

Berdasarkan data tahun 2010 menunjukkan 67,7 persen merupakan Muslim; 13,8 persen Hindu; 13,8 persen Kristen; 3,1 persen Buddha; 0,7 persen pengikut agama lain; dan 0,9 persen tidak beragama. Total populasi penduduk Qatar hingga 2022 ini mencapai 2,9 juta jiwa. 

Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Hamad I Mohammed/Reuters)

Islam yang dianut dengan manhaj Salafi dari Sunni menjadi yang terbanyak dianut dibandingkan versi Islam lainnya di negara ini. Fakta ini membuat Qatar menjadi satu dari dua negara Salafi di dunia Muslim bersama Arab Saudi.

Pada akhir tahun 2013 terdapat total sebanyak 1.848 masjid yang didirikan di QatarWallahu a'lam bisshawab
 

 

 

 

artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul: Jumlah Muslim di Qatar, Negara Islam Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut