Logo Network
Network

Bunda Wajib Tahu, ada Resiko Pemberian Susu Formula pada Bayi Baru Lahir

Dyah Ratna
.
Minggu, 20 November 2022 | 13:07 WIB
Bunda Wajib Tahu, ada Resiko Pemberian Susu Formula pada Bayi Baru Lahir
Pemberian susu formula pada bayi ternyata ada resikonya (ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Susu formula yang diberikan pada bayi yang baru lahir ternyata tidak disarankan. Dimana hal itu bisa jadi membuat masalah baik untuk jangka pendek dan juga panjang.

dr. Utami Roesli, SpA.,MBA, FABM., dokter spesialis anak lulusan Universitas Padjadjaran mengatakan, banyak orang tua, terlebih kakek-nenek yang belum mendapat pengetahuan dasar tentang menyusui sehingga menyarankan bayi untuk diberi susu formula agar kenyang dan pintar.

 bayi minum susu

"Banyak nenek-nenek yang enggak tahu bahayanya pemberian susu formula. Mereka umumnya terpengaruh iklan atau mitos," ujar dr. Utami.

Beberapa risiko berbahaya yang bisa dialami oleh bayi jika diberikan susu formula adalah lebih sering mencret, radang telinga hingga 50 persen, radang paru hingga 16,7 persen dan masalah infeksi lain karena formula bisa terkontaminasi bakteri berbahaya. Bayi pun berisiko mengalami alergi susu sapi dan asma sebanyak 40-50 persen.

Susu formula juga dapat menyebabkan penyakit menahun seperti diabetes, kurang gizi, obesitas sebesar 40 persen, penyakit jantung coroner serta kanker anak terutama kanker darah atau leukimia.

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini