Logo Network
Network

Fantastis, Segini Bayaran Wasit Final Piala Dunia 2022 Szymon Marciniak

Fayha Afanin
.
Minggu, 18 Desember 2022 | 20:07 WIB
Fantastis, Segini Bayaran Wasit Final Piala Dunia 2022 Szymon Marciniak
Besaran bayaran wasit final Piala Dunia 2022 Szymon Marciniak (istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Ajang sepakbola paling bergengsi di dunia, sudah masuk babak akhir, yaitu final Piala Dunia 2022 yang tahun ini berlangsung di Qatar.

Pada pertandingan final antara Argentina melawan Prancis ini dipimpin oleh wasit bernama Szymon Marciniak. Namun tidak banyak yang tahu berapa bayaran Szymon Marciniak pada laga final kali ini, simak ulasannya.

Pada perhelatan Piala Dunia 2022, kompensasi yang disiapkan FIFA untuk wasit lebih besar dari Piala Dunia di Rusia (2018). Badan manajerial Piala Dunia FIFA mengatur bahwa setiap wasit pertandingan akan menerima gaji pokok sebesar USD70.000 atau setara Rp1,09 miliar (kurs Rp15.689 per USD) untuk keterlibatan dalam Piala Dunia.

FIFA juga menetapkan bahwa setiap asisten wasit akan mendapat USD25.000 atau setara Rp392 juta untuk partisipasi di Piala Dunia.

Uang yang diperoleh ofisial pertandingan dari acara Piala Dunia setidaknya tiga kali lebih tinggi dari jumlah yang mereka dapatkan untuk menjadi wasit di Liga Champions UEFA.

Untuk wasit pertandingan, orang yang paling berpengaruh di lapangan dan terutama bertanggung jawab atas aliran permainan, dibayar USD3.000 atau setara Rp47 juta untuk babak penyisihan grup, dan untuk playoff atau final, bayaran mereka meningkat menjadi USD10.000 atau setara Rp156 juta.

Dalam kebanyakan kasus, petugas pertandingan mengawasi rata-rata dua pertandingan, dan FIFA menambahkan biaya pertandingan yang mereka peroleh ke pembayaran kontrak mereka.

Seorang wasit sukses yang memimpin semua pertandingan, termasuk pertandingan final, seperti Szymon Marciniak bisa mendapatkan hingga USD300.000 atau setara Rp4,7 miliar selama turnamen berlangsung.

Sebagai informasi, Szymon Marciniak adalah wasit final Piala Dunia 2022 yang dulunya pernah bikin Egy Maulana Vikri dkk mati kutu.

Wasit asal Polandia ini diketahui menjadi orang pertama dari negaranya yang memimpin Piala Dunia antara Argentina dan Prancis pada Minggu (18/12/2022).

Marciniak sendiri pernah memimpin laga Prancis di babak penyisihan grup atas Denmark pada 26 November lalu. Dia juga memimpin laga Argentina di babak 16 besar ketika mengalahkan Australia pada 3 Desember lalu.

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.