get app
inews
Aa Read Next : Deretan Artis Lawas Ternyata Mirip Selebriti Masa Kini, Siapa Saja

Deretan Artis Keterunan Kerajaan, Ada Ardina Rasti hingga Paramitha Rusady

Kamis, 29 Desember 2022 | 06:44 WIB
header img
Deretan artis Indonesia keturunan kerajaan (istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Tidak banyak yang tahu sejumlah artis tanah air ternyata keturunan kerajaan. Diantaranya dari mereka ada yang menekuni bidang akting namun ada yang didunia tarik suara.

Para artis ini meniti karier di bidang yang mereka pilih dan mampu meraih kesuksesan. Saat berkarier di dunia hiburan, mereka juga tidak membangga-banggakan latar belakangnya itu.

Meski begitu, mereka tetap dapat dikatakan sukses di industri hiburan. Bahkan, ada yang berkarier di luar negeri alias go international, lho!

Lantas, ada siapa saja sih? Berikut deretan artis keturunan kerajaan:

1. Paundrakarna

Di urutan pertama, ada Paundrakarna. Dia merupakan anak sulung Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX dan Sukmawati Soekarnoputri.

Nama Paundra mulai dikenal di dunia entertainment saat tampil dalam sinetron Saraswati. Kemudian, karier Paundra semakin melejit ketika memerankan Galih dalam sinetron Gita Cinta dari SMA. Sinetron tersebut adalah film remake yang terkenal pada 1970-an. 

Selain itu, Paundra juga pernah merilis album pada 2004. Pada 2016, Paundra terlibat dalam film Rudy Habibie. Pria dengan nama Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Sukmaputra Jiwo Suryonegoro ini pernah menjadi anggota DPRD Solo.

2. Ardina Rasti

Ardina Rasti yang lahir di Jakarta, 6 Januari 1986 juga keturunan kerajaan. Pemilik nama lengkap Raden Ajeng Ardina Rasti Widiani adalah keturunan kerajaan yang diperolehnya dari sang ayah. Diketahui, sang ayah adalah keturunan Keraton Mangkunegaran Surakarta. 

Ardina mengawali kariernya di dunia entertainment dengan bermain sinetron pada 1997. Kemudian namanya mulai melejit ketika membintangi film Virgin pada 2004. Sejumlah film pernah dibintangi Ardina, seperti Sebuah Pertanyaan untuk Cinta, Di Sini Ada Setan, Me Vs High Heels, KM 14, Terowongan Casablanca, serta Dreams. Dia juga membintangi sejumlah FTV dan Sinetron. Pada 2018, Ardina menikah dengan Arie Dwi Andhika. Pernikahan mereka telah dikarunia seorang anak.

3. Paramitha Rusady

Artis Paramitha Rusady lahir di Makassar, 11 Agustus 1966. Ia merupakan anak Raden Mas Yus Rusady Wirahaditenaya dan Raden Ayu Marry Zumarya. Kedua orang tuanya adalah keturunan Kerajaan Sumedang Larang. Darah seni mengalir serta membentuk talenta seni Paramitha dari sang ibu. 

Dia sudah ikut berperan dalam film dokumenter Di Bawah Nyiur Melambai garapan sang ibu, pada usia 6 tahun. Pada 1984, Paramitha melakukan debutnya melalui film Ranjau-Ranjau Cinta. Dua tahun setelah itu, ia merilis album perdananya yang merupakan original soundtrack (OST) Merpati Tak Ingkar Janji, di mana ia juga bermain di film tersebut.

Pada 1990-an, Paramitha mulai aktif bermain sinetron. Sejumlah sinetron pernah dibintanginya, yaitu None pada 1994, Hati Seluas Samudera, Tembang Sendu, dan Anugerah. Paramitha juga berperan di beberapa film, misalnya Ranjau-Ranjau Cinta, Si Kabayan dan Gadis Kota, Catatan Si Boy IV, Lupus IV: Anak Mami Sudah Besar, Untuk Angeline.

4. Ajun Perwira

Ajun Perwira adalah artis yang mempunyai keturunan raja di Bali dari silsilah sang ayah. Ajun yang memiliki nama asli Anak Agung Bagus Perwira Karang lahir di Denpasar, 9 Februari 1988. Ia merupakan putra dari Anak Agung Boyke Karang dan I Dewa Ayu Widyani. 

Diketahui, Ajun pertama kali terjun ke dunia entertainment sebagai presenter acara musik di Bali TV. Kemudian namanya mulai dikenal ketika berperan sebagai Marvin dalam sinetron Nada Cinta pada 2011. Ia juga membentuk band The Junas Monkey, yang saat ini bernama The Junas.

Ajun telah membintangi berbagai sinetron, seperti Cinta Sejati, Segalanya Cinta, Kinara, Juna Cinta Juni, Nadin, Anak Band, Naluri Hati, Garis Cinta. Tak hanya itu, ia juga memerankan FTV, mulai dari Deni Murid Bang Jampang hingga Mak Cun Pi Lombok. Sejumlah film juga pernah dibintanginya, seperti Di Bawah Lindungan Ka’bah dan Incredible Love. Pada 2019, Ajun menikah dengan Jennifer Jill Armand-Supit.

5. Dinda Hauw

Dinda Hauw yang merupakan artis sekaligus istri Rey Mbayang ini memiliki darah bangsawan asal Sumatera Selatan. Nama asli Dinda terungkap di undangan pernikahannya pada 2020. Dalam undangan tersebut terlihat nama lengkap Dinda, yaitu Nyimas Khodijah Nasthiti Adinda. 

Diketahui, Nyimas adalah gelar yang disematkan untuk bangsawan Palembang. Dinda mendapat gelar tersebut lantaran sang ayah juga mempunyai gelar bangsawan Palembang, yaitu Kemas. Dinda Hauw lahir di Palembang, 14 November 1996.

Dia mulai terjun ke dunia entertainment pada 2007 dalam sinetron Monyet Cantik. Namanya dikenal luas saat membintangi film Surat Kecil untuk Tuhan pada 2011. Sejumlah film juga pernah dibintanginya, mulai dari Ayah Mengapa Aku Berbeda hingga Cinta Subuh. Tak hanya di film, ia juga membintangi sinetron dan FTV.

6. Dewi Yull

Pemilik nama Raden Ajeng Dewi Pujijati ini mempunyai garis keturunan kerajaan dari kedua orang tuanya. Diketahui, Dewi Yull memiliki darah bangsawan dari sang ayah, HRP Soendaryo, keturunan Kesultanan Cirebon. 

Sedangkan ibunya yang bernama Masayu Devi Hetimawati adalah keturunan bangsawan Melayu Palembang. Dewi Yull mengawali karier sebagai penyanyi pada 1977. Kemudian pada 1980, ia mulai terjun ke dunia sinetron dan film. Salah satu sinetron yang pernah dibintangi Dewi Yull adalah Losmen. 

Sementara film yang dibintanginya antara lain, Gadis, Kembang Kertas, dan Seumur Hidup. Pelantun lagu Jangan Ada Dusta di Antara Kita ini pernah meraih Penghargaan Penyanyi Wanita Pop Terbaik pada 2002.

7. Dita Karang

Bagi penggemar K-Pop, nama Dita Karang tentu saja tidak asing. Diketahui, Dita Karang merupakan artis Indonesia yang sukses meniti karier di Korea Selatan. Personel grup Secret Number ini mempunyai nama asli Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang. Sang ayah, Anak Agung Chandra Karang, masih memiliki keturunan dari Kerajaan Karangasem Bali. 

Dita lahir di Yogyakarta pada 25 Desember 1996. Dia mulai menyukai K-Pop ketika dirinya mengikuti lomba dance cover di bangku SMP. Dita lulus dari AMDA College, New York dan kemudian mencoba peruntungan di dunia K-Pop hingga memutuskan untuk hijrah ke Korea Selatan. Setelah mengikuti kelas tari di 1 Million Dance Studio, Dita resmi menjadi trainee VINE Entertainment. Tiga tahun menjadi trainee, Dita memulai debutnya dengan Secret Number pada 2020.
 

 


 

 

artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: Deretan Artis Indonesia Keturunan Kerajaan, Nomor 7 Berkarier di Luar Negeri

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut