get app
inews
Aa Read Next : Mekotek! Tradisi Unik Masyarakat Adat Bali, Uji Nyali Bagi Kaum Laki-Laki

Kenali 11 Ciri Pria Mandul, Masalah Ereksi hingga Sperma

Rabu, 11 Januari 2023 | 18:47 WIB
header img
Berbagai ciri-ciri pria mandul bisa dikenali sejak dini (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Tingkat kesuburan atau permasalahan kehamilan yang menjadi momok bagi pasangan yang baru menikah. Berbagai penelitian dilakukan gangguan kesuburan pada pria tercatat menyumbang 33 persen dari seluruh kasus yang ada. Salah satu penyebab pria mandul mungkin akan lebih menarik dan bisa jadi dikenali sejak dini.

Masalah sperma ini dapat dibawa dari lahir atau disebabkan oleh gaya hidup, seperti merokok, minum minuman beralkohol, atau mengonsumsi obat-obatan terlarang. Akibatnya, sperma tidak tumbuh dengan utuh, tidak bergerak ke arah yang benar, tidak memiliki jumlah yang cukup, atau malah tidak terbentuk sama sekali.

Dari sisi kondisi kesehatan, masalah sperma dapat dipicu oleh gagal ginjal, infeksi masa kecil seperti gondongan, serta masalah kromosom atau hormon. Tanda-tanda infertilitas harus diketahui sejak dini.

Berikut ciri-ciri pria mandul yang dapat diamati, seperti dilansir dari KlikDokter:

Gangguan Ereksi

Gangguan ereksi bisa mengakibatkan infertilitas pada pria. Kondisi gangguan ereksi yang sering ditemui termasuk:

- Kesulitan menjaga atau mempertahankan ereksi yang cukup untuk seks (disfungsi ereksi)

- Ejakulasi dini

- Hubungan seksual yang menyakitkan

- Kelainan anatomi seperti memiliki lubang uretra di bawah penis (hipospadia)

- Masalah psikologis atau hubungan yang mengganggu

Kesulitan Ejakulasi

Ejakulasi retrograde dapat mengganggu kesuburan dengan cara memasukkan kembali sperma ke dalam tubuh ketika terjadi ejakulasi. Sperma yang seharusnya keluar dari penis saat ejakulasi, akan masuk ke dalam kandung kemih pada kondisi ini.

Untungnya, kasus kemandulan karena ejakulasi retrograde cukup jarang. Menurut penelitian di Translational Andrology and Urology, kondisi ini hanya 0.3-2 persen menyebabkan infertilitas.

Nyeri, Bengkak, atau Ada Benjolan di Area Testis

Bila mengalami keluhan nyeri dan bengkak, bahkan terdapat benjolan di sekitar area testis, kamu mungkin mengalami varises pada organ kemaluan yang disebut varikokel.

Varikokel adalah pembengkakan pembuluh darah vena pada skrotum yang mengganggu aliran darah dan pertumbuhan sperma. Cara menangani kondisi ini adalah dengan jalan operasi. Namun, kamu harus berhati-hati karena varikokel dapat menjadi tanda infeksi penyakit lain.

Penis

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut