get app
inews
Aa Read Next : Waduh! WHO Sebut Kemandulan di Seluruh Dunia Meningkat, Jumlah Sperma Juga Turun Drastis

Selain di Rahim, di Tempat ini Sperma Bisa Bertahan Hidup Lama

Sabtu, 21 Januari 2023 | 08:40 WIB
header img
ditempat lain selain di rahim ternyata sperma bisa bertahan hidup lama (Foto: ilustrasi/AFP)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Tidak banyak yang tahu tentang berapa lama sperma mampu bertahan hidup, baik dalam rahim wanita atau ditempat lain. Ternyata sperma tidak cuma dirahim bisa bertahan lama namun ditempat tertentu juga kemungkinan bisa sama.

Dengan prosedur intrauterine (IUI) atau fertilisasi in vitro (IVF) sperma dapat bertahan selama 71 jam dalam masa inkubasi. Sedangkan sperma yang telah dibekukan akan bertahan selama bertahun-tahun. Asalkan sperma tersebut berada dalam lingkungan yang terkontrol.

Sperma

Sperma yang keluar dari penis dan jatuh pada permukaan yang kering seperti alas tidur atau handuk akan mati. Namun, bila sperma hidup dalam bak mandi atau air hangat kemungkinan mereka bertahan lebih lama.

Lantas berapa lama sperma mampu bertahan hidup dalam rahim wanita? Setelah berhubungan intim sperma akan pergi menuju ovarium untuk bertemu sel telur.

Dilansir dari Healthline, setelah ejakulasi sperma dapat hidup dalam rahim wanita selama 5 hari. Itulah mengapa sangat mungkin terjadinya kehamilan jika berhubungan intim tanpa menggunakan kondom atau alat kontrasepsi.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut