get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Israel Takut dengan Juru Bicara Al Qassam Hamas Abu Ubaidah

Ungkap Angka Pelajar Hamil Duluan, Hakim Pengadilan Agama Ponorogo Kena Tegur

Minggu, 22 Januari 2023 | 07:13 WIB
header img
Ruhana Faried Hakim Pengadilan Agama Ponorogo (foto: iNewsPonorogo.id/Putra)

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Mencuatnya kasus dispensasi nikah yang membuat heboh publik, bahkan kasus ini viral dimedia sosial. Pemberitaan tentang ratusan anak di Ponorogo, yang mengajukan permohonan dispensasi nikah (Diska) tersebut memang diungkap Juru Bicara Pengadilan Agama Ponorogo, Ruhana Faried.

Sayangnya, langkah Ruhana berbuah teguran dari atasannya sehingga dirinya mengambil langkah mengundurkan diri dari jabatan Jubir PA Ponorogo.

Dalam klarifikasinya, Ruhana mengatakan dalam wawancara terkait dispensasi kawin (diska), dia tidak menyebutkan bahwa ratusan anak yang mendapat diska tersebut semuanya karena si wanita telah hamil duluan.

“Terkait viral itu, saya tidak mengatakan ratusan anak mendapat dispensasi nikah karena hamil duluan,” ucap Ruhana kepada Okezone.

Lanjutnya, Pengadilan Agama mengabulkan permohonan Diska tersebut ada unsur mendesak. Namun unsur mendesak tersebut, adalah kehamilan di luar nikah. Namun, tidak semua ada juga karena bentuk kekhawatiran orang tua karena anaknya sudah lama menjalin hubungan.

Akibat pemberitaan itu, Ruhana mendapat teguran berupa pembinaan. Dia pun mengundurkan diri dari Jubir PA Ponorogo dan sekarang fokus sebagai Hakim PA Ponorogo.

“Hikmahnya adalah, ini akan terbongkar gunung es yang sudah lama membeku, di dalam akan terungkap, Pemkab Ponorogo dan Pemprov Jatim ini kemudian akan sadar dan bisa meminimalisir perkara dispensasi kawin di Pengadilan Agama. Selama ini Pengadilan Agama seperti tong sampah, kebanyakan masyarakat ini, dari pemerintah itu menyalahkan pengadilan agama, padahal pengadilan agama tong sampah, pengadilan itu sifatnya represif, seharusnya pemda preventif, pencegahan,” pungkasnya.

 


 

 

 

artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul: Jubir Pengadilan Agama Ponorogo Ditegur Usai Ungkap Banyaknya Dispensasi Kawin, Ini Duduk Perkaranya

 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut