get app
inews
Aa Read Next : Kucing Flow yang Dicekoki Miras Dihadirkan Dalam Sidang, Wajahnya Tampak Bingung

Kisah Kucing Bernama Muezza yang Jadi Kesayangan Nabi Muhammad SAW

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:28 WIB
header img
Kucing bernama Muezza menjadi hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Didalam berbagai kisah Nabi Muhammad SAW, ada hewan yang menjadi kesayangan Rusulluloh SAW. Hewan tersebut ada kucing bernama Muezza.

Kucing Muezza diketahui memiliki bulu hitam dan putih. Dalam sebuah kisah, suatu hari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ingin berangkat sholat dan mempersiapkan diri. Beliau juga berpakaian hendak sholat.

Saat akan mengambil jubah, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menemukan Muezza tidur beralaskan jubah itu. Namun karena tidak tega, sehingga tidak membangunkan Muezza.

Saat itu Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam justru memilih memotong sebagian jubah tersebut dan membiarkan Muezza tetap tidur di atas jubah yang sudah terpotong.

Setelah pulang dari sholat, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menemukan Muezza telah bangun dan bersujud kepadanya. Rasulullah pun membalas dengan mengelus tubuh Muezza sebanyak tiga kali.

Selain itu ada kisah lain tentang Muezza. Ketika sedang memberikan ceramah di rumah, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam selalu memangkunya. 

Ilustrasi kucing. (Foto: Shutterstock)

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga menggunakan air wudhu yang telah digunakan Muezza untuk minum.

Kucing memang dikenal hewan yang termasuk kesayangan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, kucing bahkan masuk dalam hadits-hadits.

Keistimewaan kucing dalam Islam bisa dilihat dari hadits Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dan riwayat peninggalan-peninggalan Islam.

Dalam tradisi Islam, kucing dikagumi hingga, kucing diizinkan masuk ke rumah dan masjid, termasuk di Masjidil Haram di kota suci Makkah, Arab Saudi.

Kucing adalah hewan yang bersih dan terbebas dari najis. Sesuai hadits berikut ini: "Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita." (HR Tirmidzi)

Air bekas minum kucing juga masih dihukumi suci dan bisa digunakan untuk bersuci atau berwudhu: "Ketika Nabi Muhammad akan berwudhu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum di bejana tempat beliau wudhu. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudhu." (HR Muslim)

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut