get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut Tewaskan Santri, Terlindas Truk Saat Berkendara Bareng Adiknya

Intip Kegiatan Santri Gontor Menunggu Berbuka Puasa

Sabtu, 01 April 2023 | 13:41 WIB
header img
Membuat kaligrafi merupakan kegiatan para santri Gontor jelang buka puasa foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Saat bulan Ramadhan seperti saat ini, suasana terlihat berbeda di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di Desa Gontor Kecamatan Mlarak, Ponorogo. Dimana masih ada sebagian santri yang tetap bermukim dipondok, meskipun santri lainnya yang libur dan pulang ke rumah masing-masing.

Saat ini Santri yang tetap mukim di Pondok Gontor pusat ini, ada sekitar 3.000 orang. Mereka santri kelas 5 dan 6, atau setara kelas 2 dan 3 SMA. Berbagai kegiatan dilakukan ribuan santri tersebut saat bulan puasa, apalagi menjelang waktu berbuka puasa.

Saat masuk ke Pondok Modern Darussalam Gontor terlihat aktivitas para santri, diantaranya melakukan kegiatan olahraga. Selain itu, ada juga santri yang membuat hiasan kaligrafi ayat Al Qur'an yang akan dipasang di dinding aula Pondok. 

"Saat ini kelas 1 hingga kelas 4 pulang untuk liburan. Sementara untuk siswa kelas 5 dan 6 dari berbagai cabang dipindahkan ke Pondok Gontor Pusat," ungkap Ustaz Ahmad Suharto, salah satu staf pembimbing di Pondok Modern Darussalam Gontor.

Kemudian untuk mengisi kegiatan dibulan Ramadhan ini, ribuan santri melakukan berbagai kegiatan. Dengan begitu, santri dididik untuk mengerjakan apapun sendiri, guna melatih kemandirian.

"Ya mulai memasak dan menyiapkan makanan untuk berbuka puasa dan sahur. Selain itu juga melakukan membersihkan pondok. Ada juga mengganti kaligrafi yang ada di Aula utama," terangnya. 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut