get app
inews
Aa Read Next : Kisah Husain Arridho Hafal 30 Juz Al-Qur'an, Tembus Program Studi Biologi UNY, Dapat KIP Kuliah Pula

Fenomena Lubang Hitam Memakan Planet Lain Terungkap dalam Al-Quran

Senin, 22 Mei 2023 | 13:00 WIB
header img
Lubang hitam yang memakan planet lain ternyata ada dalam Al-Quran. Foto: Popular Science

Eksperimen yang dilakukan oleh para ilmuwan di Imperial College London dapat membantu menjawab pertanyaan tentang bagaimana lubang hitam tumbuh dengan memakan materi di sekitarnya.

Vicente Valenzuela Villaseca, penulis dan peneliti pasca-doktoral Universitas Princeton, menjelaskan bahwa pemasangan piringan juga akan membantu dalam memahami pertumbuhan lubang hitam.

Vicente juga menjelaskan bahwa ini juga akan membantu memahami bagaimana awan gas runtuh untuk membentuk bintang. Pembentukan cincin ini terjadi saat materi ditarik ke lubang hitam, yang menciptakan kondisi yang sangat bergerak dan memiliki pengaruh gravitasi yang besar.

Akibatnya, gas dipanaskan dan elektron dilepaskan dari atom-atom penyusunnya. Ini menyebabkan gas berubah menjadi plasma, yaitu lautan atom tanpa elektron, atau ion, dan elektron.

Pada akhirnya, plasma membentuk piringan akresi yang tetap stabil karena dorongan gaya sentrifugal ke luar yang dihasilkan oleh rotasi dan gaya gravitasi ke dalam.

Namun, stabilitas ini kadang-kadang terganggu, sehingga material dari piringan jatuh ke permukaan lubang hitam. Para ilmuwan menyatakan bahwa lubang hitam merupakan bintang yang berputar cepat dan menelan semua planet di sekitarnya.

Dengan demikian, apa yang telah dilihat oleh para astronom sudah jelas dijelaskan dalam Al-Quran yang diturunkan ratusan tahun yang lalu.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta