get app
inews
Aa Read Next : Berikut Tips dan Langkah Jika WhatsApp Terblokir Akibat Spam

Melihat Royal Clock Tower, Menara Jam Tertinggi Dunia di Atas Kakbah

Sabtu, 24 Juni 2023 | 12:04 WIB
header img
Royal Clock Tower menara jam tertinggi dunia di Makkah foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - SELAIN Tidak cuma di London saja yang mempunyai jam terbesar, akan tetapi di Kota Makkah juga terdapat tower jam yang di klaim salah satu yang tertinggi di dunia, yang diberi nama Royal Clock Tower.

Kemudian untuk naik ke atasnya, tidak sembarang orang. Beruntung Okezone berkesempatan naik ke atas Royal Clock Tower sehingga bisa melihat jelas indahnya bangunan Masjidil Haram dan Kakbah.

Royal Clock Tower memiliki bangunan dengan arsitektur menawan setelah Kakbah dan Masjidil Haram di Kota Makkah, kota tersuci Islam. Keduanya terpisah hanya sekitar 200 meter.

Disebut sebagai tampilan jam terbesar di dunia, Menara Jam Makkah memiliki dua fitur yang sama dengan Big Ben terkenal di London, Inggris. Namun dengan ukuran jam di Royal Clock Tower 35 kali lebih besar dari Big Ben.

Berdiri di ketinggian 607 meter - hampir dua kali lipat Menara Eiffel (di Paris) - menjadikannya menara tertinggi ketiga dunia.

Royal Clock TowerRoyal Clock Tower (Foto: skyscraoer_center)

Menara Jam Makkah memiliki empat bagian muka jam, 83 x 67 meter depan belakang dan 77 x 47 meter di samping dengan setiap jarum jam seberat 6 ton.

Dihiasi dengan mosaik emas, sebuah bulan sabit besar dengan berat 107 ton berada di puncak menara.

Wisatawan dapat mengunjungi area bulan sabit, dengan membayar tiket 150 Riyal Saudi atau setara Rp586 ribu rupiah per orang.

Fungsi utama Royal Clock Tower ialah memberi informasi waktu sebaik-baiknya kepada seluruh orang yang berada kota Makkah.

Desain jam di Menara Jam Mekkah dibuat sedemikian rupa sehingga bisa ditatap sampai sekitar 12 km pada siang hari.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut