get app
inews
Aa Read Next : Petugas Damkar Evakuasi 2 Ular Berukuran Besar Resahkan Warga Ponorogo

Mengenal Tiga Pusaka Keramat Kabupaten Ponorogo, Dicuci Jelang 1 Suro

Selasa, 18 Juli 2023 | 03:24 WIB
header img
Pusaka Kabupaten Ponorogo foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Kabupaten Ponorogo memiliki tiga pusaka yang hingga kini masih terawat dengan baik, meski umurnya sudah ribuan tahun. Ketiga pusaka tersebut, yakni Tombak Kiai Tunggul Nogo Sabuk Angkin Cinde Puspito dan Payung Songsong  Kiai Tunggul Wulung.

Pusaka menjadi salah satu bukti sejarah berdirinya Kabupaten Ponorogo ini, hanya dikeluarkan atau diperlihatkan setahun sekali, dengan diarak dan dicuci setiap menjelang 1 Suro.

Tombak Kiai Tunggul Nogo, Sabuk Angking Cinde Puspito dan Payung Songsong  Kiai Tunggul Wulung merupakan 3 pusaka milik Eyang Batoro Katong. Ketiga pusaka tersebut yang digunakan Eyang Batoro Katong dalam babat Ponorogo.

Menurut Sunarso, menambahkan bahwa sebenarnya pusaka milik Ponorogo itu ada empat. Yakni, tombak Kanjeng Kiai Tunggul Nogo, Payung Kiai Tunggul Wulung, Angkin atau Cinde Puspito, dan keris Kiai Kodok Ngorek.

‘’Tapi keris Kiai Kodok Ngorek itu sudah tidak ditemukan lagi setelah Bupati Cokronegoro yang kedua,’’ katanya.

Setelah Bupati Eyang Mertohadinegoro meninggal dunia, posisi bupati digantikan Cokronegoro. Saat itu, Ponorogo memiliki pusaka tambahan. Sebab, kakeknya menjadi menantu Pakubuwono III dan diberi keris Kiai Kodok Ngorek.

Keris itu sempat menjadi pusaka milik Ponorogo namun hanya sampai Eyang Cokronegoro kedua. Sampai sekarang belum diketahui tempatnya dimana. Namun, masih ada bukti sejarahnya.

‘’Saya pernah menemukan literaturnya di perpustakaan milik Keraton Kasunanan Solo,’’ jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa Pusaka Kanjeng Tunggul Nogo dan Tunggul Wulung itu milik Majapahit, Eyang Brawijaya kelima. Dimana pada saat itu terjadi perebutan kekuasaan, kedua pusaka itu, lantas M ada yang merawat, yakni Eyang Joyodrono dan Joyodipo.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut