get app
inews
Aa Read Next : Kisah Cinta Ken Arok, Ternyata Pernah Nikahi Seorang Begal

Ibu Ken Arok Berparas Cantik Jelita namun Jarang Dibelai Suaminya, Akhirnya Selingkuhi Pemuda

Selasa, 18 Juli 2023 | 15:37 WIB
header img
Ken Arok pendiri kerajaan Singasari. Foto: Ist

KEN AROK  adalah pendiri Kerajaan Singasari dan menyatakan dirinya sebagai raja yang berkedudukan di Tumapel. Dikisahkan bahwa ia dianugerahi gelar raja setelah mengalahkan Tunggul Ametung, penguasa Tumapel di bawah kekuasaan Kerajaan Kediri, dan Kertajaya sebagai penguasa Kediri.

Namun, terdapat berbagai versi mengenai asal usul Ken Arok. Salah satunya terdapat dalam kitab Kakawin Pararaton yang ditulis oleh Mpu Prapanca dan diterjemahkan oleh Ki J Padmapuspita. Menurut Pararaton, Ken Arok dilahirkan oleh seorang ibu bernama Ken Ndok.

Ken Ndok, yang sebenarnya bernama Astia, adalah seorang wanita cantik yang berasal dari Dusun Pangkur, seperti yang dikutip dari "Babad Tanah Djawi" karya Soedjipto Abimanyu. 

Ia kemudian menikah dengan seorang Maharesi bernama Resi Ang Sri Yogiswara Girinata, yang merupakan pemimpin Padepokan Girilaya yang terkenal pada masa itu.

Karena tidak pernah mendapatkan perhatian dari suaminya selama sepuluh tahun, Ken Ndok akhirnya tertarik pada seorang pemuda yang menolongnya setelah mengalami kecelakaan di hutan. 

Pemuda tersebut bernama Gajah Para. Namun, Gajah Para difitnah bahwa ia telah menghamili Ken Ndok karena sering bersama dengannya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut