get app
inews
Aa Read Next : Kasus Pemalsuan Sertifikat Keturuan Nabi Diungkap, Ini Kata Polisi

Bikin Ngilu, Begini Kondisi Korban Penjualan Ginjal ke Kamboja Saat Dibawa Pulang

Kamis, 20 Juli 2023 | 19:32 WIB
header img
Para korban penjualan ginjal mendapat pemeriksaan intensif di rumah sakit ketika pulang dari Kamboja foto: ilustrasi/istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) modus penjualan ginjal ke Kamboja masih terus didalami oleh polisi. Bahkan terbaru diperoleh keterangan jika para korban yang pulang ke Indonesia dalam kondisi jahitan masih basah, dan beberapa organ hilang.

Dia pun memastikan bahwa dari 122 orang korban tidak ada yang meninggal.

"Hasil pemeriksaan belum ada yang meninggal dunia. Namun saat korban dibawa Polda Metro Jaya usai pulang dari Kamboja, luka jahitannya masih basah," kata Dirkrimum Polda Metro Kombes Pol Hengki Haryadi.

Akibat kondisi para pasien atau korban tersebut penyidik bersama Bidang Dokter dan Kesehatan Polda Metro Jaya membawa ke RS Kramat Jati Polri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Pol dr Hery Wijatmoko, menjelaskan bahwa enam orang korban dirawat untuk menjalani pemeriksaan secara keselurahan.

"Dari 6 pasien tersebut 1 ginjal kanan sudah tidak ada dan 5 ginjal kiri," jelasnya.

Lanjutnya, Hery menambahkan bahwa pihaknya juga melakukan pendampingan dan rehabilitasi serta layanan kesehatan kepada enam pasien atau korban tersebut.

"Perlu disampaikan juga bahwa dari 6 pasien tersebut tidak ada organ lain," jelasnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut