get app
inews
Aa Read Next : Breaking News! Gempa Bumi 5 Magnitudo Landa Pacitan, Dirasakan Warga Ponorogo

Serabi Masuk Daftar Makanan Nomor 2 Terbaik Dunia, Salah Satunya Khas Ponorogo

Selasa, 01 Agustus 2023 | 17:27 WIB
header img
Serabi masuk daftar makanan terenak dunia foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Satu lagi jajanan tradisional khas Indonesia, yang berhasil masuk dalam daftar jajanan pinggir jalan terbaik di dunia versi Taste Atlas. Kue ini menduduki posisi kedua, setelah Pastel de Nata asal Portugal.

Seperti diketahui bahwa serabi memiliki cita rasa gurih dan manis karena menggunakan tepung beras dan santan atau kelapa parut. Kue ini umumnya dilengkapi berbagai topping seperti gula, kuah kinca, pisang, kacang tumbuk, nangka, taburan cokelat, atau oncom.

Berikut adalah lima jenis serabi dari berbagai daerah di Indonesia:

Surabi (Bandung)

Kue khas Bandung ini menggunakan toping oncom sehingga menghasilkan cita rasa pedas dan manis. Surabi Bandung juga bisa ditemukan dengan rasa pandan dilengkapi kuah kinca berbahan dasar stroberi, durian, atau kelapa.

Serabi kuah (Ponorogo)


Serabi Ponorogo foto: iNewsPonorogo.id/Putra

Berbeda dari serabi pada umumnya, serabi Ponorogo disajikan dengan kuah santan dan gula merah cair atau parutan kelapa. Serabi Ponorogo juga punya dua rasa yaitu manis dan gurih. Harganya pun juga terbilang sangat murah.

Serabi (Cirebon)

Kemudian ada Serabi Cirebon, yang berbentuk bulat pipih dan memiliki rasa gurih dengan beragam topping seperti oncom, telur, tauco, hingga tempe orek. Di Cirebon, serabi biasanya dinikmati dengan gorengan.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut