get app
inews
Aa Read Next : Timnas U23 Masuk Semifinal, Penjual Jersey di Ponorogo Kehabisan Stock

Menguak Mitos Gunung Pegat di Ponorogo hingga Misteri Sosok Menyeramkan

Selasa, 08 Agustus 2023 | 12:29 WIB
header img
Mitos Gunung Pegat di Ponorogo hingga misteri sosok menyeramkan penunggu Gunung foto: Purbo Sasongko

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Di tengah-tengah keindahan alam Desa Nambak, Kecamatan Bungkal, terdapat sebuah gunung yang menyimpan kisah misteri dan mitos yang dipercaya masyarakat setempat. Gunung Pegat, demikian namanya, konon mitos dan legenda bergabung dengan realitas sehari-hari kehidupan warga.

Salah satu mitos yang mengelilingi Gunung Pegat adalah kepercayaan bahwa arak-arakan pengantin baru yang melintas di sana akan berpisah atau bahkan bercerai. Konon, jika pasangan pengantin baru nekat melewati Gunung Pegat, mereka diyakini tidak akan bertahan lebih dari 35 hari dalam ikatan pernikahan mereka.

Karena itulah, tak jarang pengantin-pengantin baru memilih untuk berputar arah dan mencari jalan lain, demi menjaga keutuhan rumah tangga mereka.

"Memang ada mitos jika ada pengantin baru melintas di Gunung Pegat, bakal bercerai," kata budayawan, Purbo Sasongko.

Gunung Pegat sebenarnya memiliki cerita mendalam yang mendasari mitos tersebut. "Pegat," dalam Bahasa Jawa, memiliki arti "cerai." Penggalan nama gunung tersebut mengisyaratkan kepada misteri yang diyakini oleh masyarakat setempat. Namun, benar atau tidaknya mitos ini masih menjadi tanda tanya besar.

Lanjutnya, Purbo Sasongko, memberikan pandangan bahwa kebenaran di balik mitos Gunung Pegat masih belum terungkap sepenuhnya.

“Walaupun begitu, masyarakat sekitar tetap menyakini akan mitos tersebut. Terlepas dari kenyataan atau hanya mitos, mitos ini telah mengakar kuat dalam budaya setempat,” pungkasnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut