get app
inews
Aa Read Next : Kronologi Truk Terguling Tabrak Rumah di Jalan Ponorogo-Solo, Muatan Berserakan

Jajanan Jadul Gula Kapas Masih Eksis, Ternyata Ini Asal Usulnya

Senin, 14 Agustus 2023 | 07:08 WIB
header img
Jajanan Gula Kapas ternyata ini asal usulnya foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Siapa yang tidak tahu jajanan Gula kapas, atau Arum Manus yang juga dikenal sebagai cotton candy. Jajanan permen yang sangat disukai oleh banyak orang.

Makanan ini terbuat dari gula pasir yang digiling dalam mesin khusus hingga membentuk serat-serat gula halus yang menyerupai kapas. Kehadiran gula kapas selalu menjadi daya tarik dalam acara-acara rakyat seperti pesta rakyat dan pasar malam.

Jajanan Gula Kapas ternyata ada sejarahnya di Indonesia. Menurut berbagai sumber makanan ini telah hadir sejak abad ke-15. Gula kapas pertama kali dikenal di Italia dan menjadi makanan favorit pada masa itu. Meski gula kapas pada awalnya tidak sehalus yang kita kenal sekarang, perkembangan signifikan terjadi pada abad ke-19. Pada masa ini, William Morisson dan John C Wharton diidentifikasi sebagai penemu permen kapas.

Permen kapas kemudian mulai dijual dalam acara-acara besar seperti karnival, festival, sirkus, dan lain sebagainya. Popularitasnya terus meningkat, hingga penjualannya tersebar ke semua penjuru dunia.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut