get app
inews
Aa Read Next : Menuju Pengakuan Dunia, Reog Ponorogo Bakal Disidang UNESCO di Paraguay

Paguyuban Bumi Reog Ponorogo Muncul di Korea Selatan Sejak 2012 Bikin Bangga Indonesia

Senin, 09 Oktober 2023 | 11:30 WIB
header img
Dalam rangka kunjungan kerja ke Korea Selatan, Kepala BP2MI Benny Rhamdani, meluangkan waktu untuk bertemu Paguyuban Bumi Reog Ponorogo di Korea Selatan. Foto: IST

Paguyuban ini telah ada sejak waktu pengiriman Pekerja Migran Indonesia ke Korea Selatan melalui PJTKI (sekarang P3MI). Mereka mendirikan paguyuban ini karena ingin berkumpul dengan rekan-rekan dari kampung halaman mereka, yaitu Ponorogo.

Purwanto menceritakan bahwa mereka sudah memiliki Reog Ponorogo sejak tahun 2012, ketika mereka mendapatkan satu unit pertama. Kemudian, pada tahun 2014, mereka mendapatkan tambahan satu unit lagi. Pada Penutupan Asean Games yang diselenggarakan di Incheon pada tahun 2014, tim dari Indonesia meninggalkan satu unit Reog untuk dibeli oleh mereka, sehingga mereka memiliki dua unit Reog.

Terakhir, mereka mengirimkan satu unit Reog lagi dengan bantuan dari tim KBRI, dengan biaya yang mereka keluarkan sendiri. Seluruh unit Reog ini didanai secara mandiri oleh paguyuban.

Dengan dua unit Reog tersebut, mereka berpartisipasi dalam berbagai festival di Korea Selatan untuk memeriahkan dan memperkenalkan budaya Reog Indonesia di negara tersebut. Namun, mereka sering menghadapi kesulitan dalam jadwal tampil karena personil mereka adalah pekerja migran yang memiliki waktu kerja yang padat.

Purwanto juga menjelaskan bahwa salah satu masalah yang dihadapi oleh Pekerja Migran Indonesia di Korea Selatan adalah mereka merasa nyaman hidup dan bekerja di sana. Beberapa dari mereka takut untuk pulang karena tidak tahu apa yang akan mereka lakukan di tanah air.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut