get app
inews
Aa Read Next : Menuju Pengakuan Dunia, Reog Ponorogo Bakal Disidang UNESCO di Paraguay

Paguyuban Bumi Reog Ponorogo Muncul di Korea Selatan Sejak 2012 Bikin Bangga Indonesia

Senin, 09 Oktober 2023 | 11:30 WIB
header img
Dalam rangka kunjungan kerja ke Korea Selatan, Kepala BP2MI Benny Rhamdani, meluangkan waktu untuk bertemu Paguyuban Bumi Reog Ponorogo di Korea Selatan. Foto: IST

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Paguyuban Bumi Reyog Ponorogo yang berlokasi di Kota Andan, Korea Selatan mendapat apresiasi Kepala BP2MI, Benny Rhamdani

Dalam rangka kunjungan kerja ke Korea Selatan, Kepala BP2MI Benny Rhamdani, meluangkan waktu untuk bertemu Paguyuban Bumi Reog Ponorogo.

Benny sangat menghargai keberadaan paguyuban ini. Menurutnya, pemerintah seharusnya bersyukur atas keberadaan organisasi ini, bahkan Menteri Pariwisata seharusnya mengunjungi mereka. Ini karena paguyuban ini berinisiatif sendiri untuk menyebarkan budaya Indonesia tanpa bantuan inisiatif dari pemerintah atau dana negara.

"Awalnya, kunjungan ke paguyuban ini tidak termasuk dalam agenda di Korea Selatan. Namun, saya bersyukur karena terkadang, hal-hal yang dilakukan di luar rencana justru memberi inspirasi dan pengetahuan baru bagi saya. Jika saya tidak datang ke sini atas dorongan, saya mungkin tidak akan mengetahui sejauh mana partisipasi teman-teman dari Ponorogo dalam misi budaya ini. Mereka melakukan ini sambil bekerja, dan mereka membiayai peralatan mereka sendiri. Saya yakin mereka telah sering tampil di Korea, dan ini sungguh luar biasa," ujar Benny.

Sesepuh dari Paguyuban Bumi Reog Ponorogo, Purwanto, mengucapkan terima kasih atas kunjungan rombongan BP2MI ke paguyubannya. Ia menjelaskan bahwa paguyuban ini merupakan tempat berkumpul para Pekerja Migran Indonesia di Korea Selatan pada hari libur, tempat untuk merindukan tanah air, dan juga tempat untuk menyalurkan hobi.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut