get app
inews
Aa Read Next : Potret Seksi Isyana Sarasvati Bikin Heboh, Pamer Tato di Dada

Suku Mentawai Punya Tradisi Tato Tertua di Dunia, Ada Ritual Khusus

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 18:51 WIB
header img
Tradisi tato bagi masyarakat adat Suku Mentawai foto: istimewa

MENTAWAI, iNewsPonorogo.id - Di Indonesia banyak sekali suku yang punya tradisi atau kebudayaan yang telah ada ribuan tahun lalu, seperti halnya Suku Mentawai, yang mendiami Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat.

Suku ini terkenal dengan tradisi mentato tubuh mereka yang kaya makna. Tradisi ini telah ada sejak zaman nenek moyang mereka dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Tato, atau dalam bahasa setempat dikenal sebagai 'titi,' bukan sekadar seni tubuh biasa bagi masyarakat Mentawai. Mereka melihat tato sebagai busana abadi yang lebih dari sekadar hiasan. Tato ini adalah simbol keselarasan antara manusia dan alam sekitarnya.

Mengutip dari Sindonews, Dosen STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh, Fikrul Hanif Sufyan, menjelaskan bahwa orang Mentawai telah mentato tubuh sejak kedatangan mereka di pantai barat Sumatera. 

Suku Mentawai merupakan bangsa Proto Melayu yang datang dari daratan Asia (Indocina) pada zaman Logam. Oleh karena itu, tato Mentawai diakui sebagai tato tertua di dunia, bahkan lebih tua daripada tato Mesir yang hanya dikenal sekitar tahun 1300 SM.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut