get app
inews
Aa Read Next : Arus Balik Lebaran! Penumpang di Terminal Ponorogo Menumpuk, Ini Penyebabnya

Keunikan Amplop Lebaran Karya Ibu Asal Ponorogo, Bermonzet Belasan Juta

Sabtu, 16 April 2022 | 15:49 WIB
header img
Amplop Lebaran karya warga Ponorogo dengan desain unik (foto; iNews. id Putra)

PONOROGO, iNews.id - Meski Lebaran masih 14 hari lagi, namun warga Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, Syamrotul Fitriani (33), sudah mulai memproduksi amplop lebaran.

Amplop yang biasa digunakan untuk menaruh uang lebaran tersebut, mempunyai desain unik. Wanita lulusan Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) membuat desain berupa bungkus makanan ringan atau lainnya dengan kata-kata yang diplesetkan.

Contohnya seperti bungkus makanan ringan Taro, diubah dengan kata-kata “Taroo Disini Saja Uangnya Kak”. Atau bungkus pampers diganti hampers. “Gak punya hampers adanya amplop nih”

Dirumahnya Jalan Raya Ponorogo-Pacitan, terlihat ribuan amplop lebaran berbagai macam desain siap untuk dilipat. Syamrotul tidak sendiri, dibantu dengan suami serta dua pegawai.

"Saya belajar dari pengalaman. Tahun lalu jual plastik parcel. Jualannya awal puasa. Ramai sekali kewalahan malah," ujarnya.


Syahrotul Fitriani pembuat amplop unik

Awalnya ia mencoba mengotak-atik otaknya, kemudian muncul, ide membuat dan berjualan amplop lebaran dengan desain lucu serta familiar dengan anak-anak.

Lanjutnya, Syamrotul menambahkan, membuat desain pada pertengahan tahun 2021. Lalu pada awal Januari 2022 mulai proses cetak. Dan proses pengleman pertengahan Februari. Maret sudah mulai dijual kepada umum.

"Baru dua pekan sudah terjual 60 ribu lembar amplop, atau 6.000 pack amplop lebaran," tambah ibu satu orang anak ini.

Modal awal nya Rp 4 juta sudah balik modal dalam 3 hari terjual amplopnya. Saat ini, dia sudah beromset belasan juta rupiah.

"Saya sudah dapat omset 15 juta dalam dua pekan. Dengan menjual amplop lebaran selama 2 pekan ini," terangnya.

Syamrotul menjelaskan bahwa menjualnya dengan dua cara. Secara offline maupun online. Untuk offline dijual di tokonya yang di Jalan Ponorogo-Pacitan dan dititipkan beberapa toko.

Sedangkan secara online dijual di Instagram, Facebook maupun platforms penjualan online. Harga amplop lebaran ini dijual mulai harga Rp 1700 hingga Rp 15 ribu.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut