get app
inews
Aa Read Next : Intip Keindahan Alam Waduk Sangiran, Cocok untuk Memancing dan Camping

Perempuan Asal Bawean Melahirkan Darurat di Atas Kapal

Rabu, 08 Juni 2022 | 06:03 WIB
header img
Bayi yang baru dilahirkan di atas kapal, Selasa (7/6/2022). (Foto: Ashadi Iksan).

GRESIK, iNews.id - Perempuan asal Pulau Bawean Kabupaten Gresik kembali melahirkan di atas kapalIbu bernama 

Novi Nur Amali (22), warga Desa Sungairujing, Kecamatan Sangkapura ini mengalami persalinan darurat di kapal Express Bahari saat perjalanan ke Pelabuhan Gresik.

Novi terpaksa menempuh perjalanan jauh, menyeberangi laut karena di RSUD Umar Masud Bawean tidak ada dokter spesialis kandungan. Beruntungnya persalinan darurat itu berjalan lancar. 

Bayi mungil berjenis kelamin perempuan itu kondisinya sehat. Persalinan di atas kapal di tengah laut tersebut dibantu oleh dua bidan dari RSUD Umar Masud.

Kejadian ibu melahirkan di atas kapal sebenarnya sering terjadi. Berdasarkan data RSUD Umar Masud, sejak Maret hingga Juni 2022 ini ada 20 pasien yang harus dirujuk ke Gresik. Mereka harus menumpang kapal dengan durasi 3,5 jam lebih.

Waktu tempuh perjalanan 3 jam itu bukanlah waktu sedikit, bagi pasien. Mereka yang kuat bisa melahirkan dengan aman di dalam rumah sakit. Namun yang tidak beruntung harus rela melahirkan di atas kapal dengan tempat seadanya.

Direktur Utama RSUD Umar Masud dr Tony Hartanto mengatakan, pasien yang dirujuk ke Gresik mengalamai kandungan sungsang. Sehingga harus dirujuk karena tidak ada dokter spesialis kandungan.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut