get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Ritual Sakral Mangkuk Merah Suku Dayak, Pertanda Perang

Persiapan Yadnya Kasada, Warga Tengger Lakukan Ritual Mendak Tirta

Selasa, 14 Juni 2022 | 11:03 WIB
header img
Warga tengger saat melakukan ritual mendak tirta, (foto: Rifan/iNews.id).

PROBOLINGGO, iNews.id - Warga suku Tengger melakukan ritual mendak tirta atau ritual pengambilan air suci di air terjun madakaripura, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Senin (13/6/2022). Ritual itu dilakukan guna persiapan upacara Yadnya Kasada yang akan segera digelar.

Dalam ritual tersebut, meski sudah ada kelonggaran prokes dari pemerintah. Pemangku adat setempat tetap membatasi jumlah masyarakat yang  mengikuti ritual. Guna pelaksanaan ritual mendak tirta dapat berlangsung khidmat.

Plt. Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko mengatakan kalau budaya masyarakat Tengger tetap harus dipertahankan. Meski saat ini wisata gunung bromo sudah maju, karena menurutnya budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar menjadi penunjang paling utama wisata gunung bromo.

"Termasuk pada ritual mendak tirta ini yang menjadi perhatian kami agar tercipa keseimbangan pembangunan dan ekonomi masyarakat sekitar," paparnya, saat menghadiri ritual tersebut.

Timbul menjelaskan kalau gunung bromo sendiri dinaungi oleh adat dan budaya masyarakat Tengger. Dan budaya tersebut tidak hanya terpusat pada Kecamatan Sukapura saja. Melainkan juga didukung oleh kecamatan lainnya yang merupakan suku Tengger.

Adat dan budaya tersebut harus betul dijaga, dengan harapan wisatawan gunung bromo tetap betah dan selalu ingin berkunjung ke gunung bromo. Baik wisatawan dalam maupun luar negeri.

"Jadi wisata itu haru memiliki keunikan-keunikan tersendiri yang dapat membuat wisatawan senang dan takjub saat berkunjung," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur, Kusnadi. Disela menghadiri kegiatan tersebut ia mengatakan kalau pengambilan air suci atau yang dikenal dengan ritual mendak tirta itu merupakan rangkaian dari perayaan yadnya kasada. 

Dan ritual Mendak Tirta memiliki perspektif lain yang harus dipahami bersama bahwa tidak hanya warisan budayanya saja yang harus dirawat. Namun keberlangsungan dan kualitas mata air Madakaripura juga harus tetap terjaga sampai kapanpun.

"Mata air ini adalah sumber air utama masyarakat Lumbang, dan sekitarnya begitu banyak petani-petani kita bergantung kepada sumber air ini," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, upacara Yadnya Kasada akan dimulai pada 15 sampai 16 Juni 2022 mendatang. Saat upacara berlangsung, pengunjung dilarang masuk ke gunung bromo.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut