get app
inews
Aa Read Next : Mengintip Ritual Pesugihan di Gunung Salak, Pelaku Diminta Menikahi Jin

Mitos Kesenian Dongkrek Madiun, Ritual Pengusir Setan hingga Pagebluk

Senin, 28 Agustus 2023 | 07:15 WIB
header img
Kesenian Dongkrek di Kabupaten Madiun sebagai penolak bala foto: istimewa

MADIUN, iNewsPonorogo.id - Kabupaten Madiun tidak hanya terkenal akan kuliner pecel dan sebagai Kampung Pesilat, namun juga memiliki kekayaan seni budaya serta tradisi yang telah melekat dalam masyarakat.

Kesenian Dongkrek, sebuah kesenian otentik yang tidak hanya memancarkan keindahan visual, tetapi juga menyimpan makna religi dan tradisi yang sangat dihormati oleh masyarakat adat setempat sejak tahun 1867.

Dongkrek, pada awalnya, adalah sebuah tarian yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan menampilkan topeng raksasa, kemudian ada seorang tokoh bijak tua, lalu juga ada penari perempuan, serta diiringi oleh alunan musik gamelan yang sederhana. 

Kesenian Dongkrek dipercaya memiliki kemampuan untuk mengusir wabah atau pagebluk. Sebuah kepercayaan yang masih hidup dalam masyarakat Madiun hingga saat ini.

Kisah asal-usul Dongkrek bermula dari Desa Mejayan, Caruban. Awalnya, ia merupakan upacara sakral yang secara perlahan berkembang menjadi warisan budaya yang kemudian menyebar ke seluruh penjuru Kabupaten Madiun.

Saat ini, pertunjukan Kesenian Dongkrek menjadi bagian dari berbagai acara, diantaranya saat bulan Suro, serta acara-acara kebudayaan lainnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut