5. Balik Modal Setelah 42 Tahun
Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS, Amin AK mengungkapkan bahwa perlu 42 tahun untuk menutupi atau mengembalikan modal dari proyek kereta cepat Jakarat Bandung (KCJB).
Menurutnya, di atas kertas proyek ini tidak akan pernah untung, hal itu bisa dilihat secara gamblang berdasarkan kajian-kajian.
"Dengan kajian 30.000 penumpang per hari, ini kajian objektif nya, kemudian tiket 250 ribu itu setahun pendapatan dari PT yang mengelola proyek ini hanya 2,7 triliun. Seandainya seluruh pendapatan itu nanti di matching kan dengan modal yang 114 triliun, itu butuh 42 tahun untuk menutup," kata Amin.
6. Dapat Suntikan Modal
PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) mendapatkan dana Rp4 triliun yang berasal dari PMN (Penyertaan Modal Negara) untuk menambah kekurangan dana pada proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB).
Di mana sejak awal proyek itu merupakan konsorsium antara dua BUMN Indonesia melalui PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan China, Beijing Yawan HSR Co Ltd.
7. Bocoran Corak Batik di Kereta Cepat Jakarta - Bandung
Melalui akun instagram pribadinya @ridwankamil, Gubernur Jawa Barat tersebut mengatakan bahwa terdapat interior dengan tema batik Megamendung di dalam kabin Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
"Interior dengan tema batik Megamendung juga terlihat sudah diaplikasikan," kata Ridwan Kamil.
Ridwan Kamil juga menjelaskan bahwa 11 set lokomotif dan gerbongnya sudah selesai dari pabriknya di Qingdao Tiongkok.
Editor : Putra
Artikel Terkait