Enam Hektare Hutan di Ponorogo Terbakar dalam 2 Bulan, BPBD Ungkap Penyebabnya

Putra
BPBD mencatat sekitar 6 hektar hutan terbakar di Ponorogo foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Bencana kebakaran hutan yang terjadi akhir-akhir ini tercatat telah menghanguskan sekitar enam hektar lahan alas jati di Ponorogo, yang tersebar dibeberapa kecamatan dalam kurun waktu 2 bulan. BPBD setempat menduga sebagian penyebabnya karena unsur kesengajaan. 

Kalaksa BPBD Ponorogo, Masun, menjelaskan bahwa kebakaran telah terjadi sejak 17 Juni hingga 31 Juli lalu. Dugaan sementara kebakaran tersebut berasal dari putung rokok yang dibuang sembarangan. 

Sejumlah wilayah yang terdampak kebakaran diantaranya adalah Desa Tugurejo, Kecamatan Sawoo, Desa Sidorejo, Kecamatan Sukorejo hingga Desa Duri, Kecamatan Slahung.

‘’Kalau di tepi jalan biasanya karena putung rokok, beda dengan yang di tengah hutan mungkin bisa saja dipicu proses alami atau mungkin ada unsur kesengajaan,’’ kata Masun. 

Lanjutnya, Masun menambahkan bahwa jika masyarakat yang tinggal di tepi hutan berhati-hati saat menyalakan api, terlebih saat, membakar sampah. Dimana bisa saja api lantas merembet ke hutan, hingga menyebabkan kebakaran.

Editor : Putra

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network