get app
inews
Aa Read Next : Berikut Tips dan Langkah Jika WhatsApp Terblokir Akibat Spam

5 Robot Militer Tercanggih di Dunia, Ada Humanoid yang Bisa Atasi Kebakaran

Jum'at, 24 Juni 2022 | 06:45 WIB
header img
Robot militer tercanggih di dunia-Robot Centaur (Foto:Pinterest)

Sebagai bagian dari kesepakatan ini, FLIR akan mengirimkan 250 Centaur. Ini adalah salah satu robot militer terbaik di masa depan.

2. THEMIS

THeMIS adalah singkatan dari Tracked Hybrid Modular Infantry System. Ini adalah UGV multi peran yang efektif mengurangi jumlah pasukan di medan perang. Kabar baiknya, robot ini dilengkapi dengan senapan mesin ringan atau berat, peluncur granat 40mm, meriam otomatis 30mm, dan sistem rudal anti-tank.

Persenjataan robot ini terdiri dari sistem senjata kendali jarak jauh yang bisa menstabilkan diri dan memberikan presisi tinggi di area yang luas. Milrem Robots selaku produsen THeMIS dan telah melakukan demonstrasi untuk tentara Italia pada November tahun 2020 lalu.

Sembilan negara telah memperoleh robot ini, tujuh di antaranya adalah anggota NATO. Pada bulan November 2020 lalu, sebuah perusahaan bernama Irvin-GQ  mengembangkan sistem ATAX airdrop multi-peran modular yang dapat menyebarkan THeMIS ke medan perang atau lingkungan yang tidak bersahabat.

3. MUTT

Multi-Utility Tactical Transport (MUTT) telah dikembangkan oleh General Dynamics Land System. Ini adalah UGV atau robot tanpa awak yang mengikuti tentara yang membawa perlengkapan di medan tertentu.

MUTT juga efisien dalam membawa tentara yang terluka di medan perang. Prajurit lain tidak perlu khawatir membawa rekan-rekan mereka di tengah misi militer.

MUTT telah direkayasa sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah berevolusi untuk mengakomodasi muatan baru, pengontrol baru, dan peningkatan tingkat otonomi. 

Dengan bantuan MUTT yang dikendalikan dari jarak jauh, personel militer dapat mengintai suatu area sebelum manusia. Bahkan bisa digunakan untuk meluncurkan senjata. Militer AS telah menandatangani kontrak dengan General Dynamics Land System untuk membeli 5.700 robot pada tahun 2024.

MUTT hadir dalam dua versi berbeda – beroda dan beroda. Kendaraan perang otonom ini hadir dalam tiga ukuran: tracked, 6x6, dan 8x8. MUTT 8x8 memiliki panjang 12 inci dan lebar 60 inch. Ini dapat membawa beban maksimum 1.200 pon dan menempuh jarak hingga 60 mil dengan satu tangki gas. 

4. DOGO

Robot DOGO adalah salah satu robot militer masa depan terbaik yang memanfaatkan teknologi militer canggih. Ini adalah robot tempur taktis mutakhir, dipersenjatai dengan pistol Glock 9mm untuk berfungsi sebagai pengawas bagi tentara di medan perang.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut