get app
inews
Aa Read Next : Berikut Tips dan Langkah Jika WhatsApp Terblokir Akibat Spam

5 Robot Militer Tercanggih di Dunia, Ada Humanoid yang Bisa Atasi Kebakaran

Jum'at, 24 Juni 2022 | 06:45 WIB
header img
Robot militer tercanggih di dunia-Robot Centaur (Foto:Pinterest)

JAKARTA, iNews.id - Pesatnya perkembangan teknologi robotik, telah melahirkan sejumlah robot militer tercanggih di dunia. Berbagai jenis robot perang diciptakan sebagai prajurit tempur.

Robot-robot tersebut dibuat untuk membantu tugas tentara di medan tempur. Baik dalam hal pertahanan, pengintaian, maupun penyerangan.

Beberapa negara bahkan sangat serius mengembangkan teknologi dan inovasi robotik di bidang militer. Sebut saja Amerika Serikat, pendanaan robotika untuk militer meningkat dari 17 juta dollar pada tahun 2015 menjadi 379 juta dollar pada tahun 2021.

Hal itu membuktikan betapa seriusnya pengembangan inovasi robot yang dilakukan Amerika di dalam bidang pertahanan. Oleh sebab itu, tidak heran jika nantinya akan lahir robot-robot militer canggih.

Melansir dari Robotics Career dan Total Tech,  berikut ini adalah robot militer tercanggih di dunia.

1. Robot Centaur

Centaur robot tempur asal Belarusia yang awalnya dikembangkan oleh Endeavour Robotics, yang diakuisisi oleh FLIR Systems pada Februari 2019. Robot ini adalah robot tempur yang memiliki ketajaman mendeteksi, mengantisipasi bahaya seperti ranjau darat, persenjataan yang tidak meledak, alat peledak improvisasi (IED), dan kekuatan manuver.

Centaur merupakan kendaraan darat tak berawak (UGV) yang dioperasikan dari jarak jauh. FLIR menerima pesanan sebesar 32 juta dollar pada November tahun 2020 dari AS untuk memproduksi robot ini.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut