get app
inews
Aa Read Next : Mengintip Isi Museum dan Galeri SBY-ANI Pacitan, Diresmikan 17 Agustus 2023

Hasil Pemilu Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe Terpilih sebagai Presiden yang Baru

Rabu, 20 Juli 2022 | 16:34 WIB
header img
Ranil Wickremesinghe terpilih sebagai presiden Sri Lanka yang baru (Foto: Reuters)

KOLOMBO, iNews.id Sri Lanka memiliki presiden baru, Ranil Wickremesinghe. Hasil pemilihan yang digelar di parlemen, Rabu (20/7/2022), politikus dari partai berkuasa yang sudah enam kali menjadi perdana menteri itu mendapat lebih banyak dukungan dari anggota parlemen.

Setelah Gotabaya Rajapaksa mundur, Wickremesinghe menjabat sebagai presiden sementara sesuai konstitusi Sri Lanka.

"Ranil Wickremesinghe terpilih sebagai presiden kedelapan berdasarkan konstitusi," kata sekjen parlemen, setelah penghitungan selesai, dikutip dari Reuters.

Kemenangan Wickremesinghe diyakini akan memicu demonstrasi gelombang baru di negara Asia Selatan tersebut. Pasalnya Wickremesinghe merupakan orang dekat Rajapaksa sehingga kepemimpinannya diyakini tak akan memberikan perubahan bagi Sri Lanka.

Bahkan rakyat juga menuntut pengunduran diri Wickremesinghe saat dirinya menjabat perdana menteri dan presiden sementara Sri Lanka.

Kandidat lainnya yang juga dari partai berkuasa, Dullas Alahapperuma, sebenarnya lebih diterima oleh rakyat Sri Lanka. Masalanya, pengalaman Alahapperuma di pemerintahan sangat minim. Padahal Sri Lanka membutuhkan sosok yang bisa mengeluarkan negara dari krisis ekonomi dan politik terparah sejak negara itu merdeka pada 1948.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut