get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Wisata Obelix Hills, Banyak Spot Instagramable hingga Nikmati Sunset

5 Pantai Cantik di Yogyakarta Menyimpan Cerita Mistis, Ada Persinggahan Nyi Roro Kidul

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:00 WIB
header img
Pantai Indrayanti di Desa Tepus, Gunung Kidul, DIY (Instagram @pantaiindrayanti)

DAERAH Istimewa Yogyakarta yang sebelah selatannya berbatasan dengan Samudera Hindia bertabur pantai-pantai cantik yang sering dikunjungi wisatawan. Beberapa di antara pantai ini menyimpan cerita mistis dan mitos.

Karena mengundang penasaran, mitos dan cerita mistis tersebut ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke pantai-pantai di Yogya.

Berikut ini lima pantai di Yogyakarta yang punya cerita mistis.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta sangat populer. Pantainya diselimuti pasir vulkanis hitam. Dipadukan dengan birunya langit, deburan ombak laut membuat suasana menjadi menyenangkan.

 ilustrasiPantai Parangtritis

Pantai Parangtritis punya cerita mistis, yakni disebut-sebut sebagai persinggahan penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Sebagian masyarakat percaya bahwa kawasan itu adalah kediaman Kanjeng Ratu Kidul, Ratu dari Pantai Selatan yang berpakaian hijau.

Karena mitos itulah, wisatawan dilarang memakai pakaian berwarna hijau saat ke Pantai Parangtritis.

2. Pantai Parangkusumo

Teletak di sebelah barat Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Bantul sangat disakralkan oleh penduduk sekitar. Pantai Parangkusumo dianggap sebagai gerbang utama atau jalan tol menuju Kerajaan Gaib Laut Selatan milik Nyi Roro Kidul.

3. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti di Tepus, Kabupaten Gunung Kidul dijuluki sebagai Pantai Kutanya Yogyakarta, karena hampir mirip dengan pantai di Kuta Bali.

Pantai ini juga punya cerita mistis, lho. Pernah terjadi kesurupan massal terhadap rombongan siswa, setalah mengambil pasir dan karang di pantai ini.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut