get app
inews
Aa Read Next : Mengungkap Misteri Dua Makam Kuno di Gunung Kawi

Ratu Elizabeth II Wafat, Raja Inggris Digantikan Pangeran Charles

Jum'at, 09 September 2022 | 06:05 WIB
header img
Pangeran Charles. (Foto : Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam damai pada usia 96 tahun, Kamis (8/9/2022) atau Jumat dini hari waktu setempat. Pewaris tahta kerajaan berdasarkan garis suksesi akan diturunkan kepada Pangeran Charles.

Ratu Elizabeth II menjadi raja Inggris terlama dalam sejarah, melampaui pemerintahan nenek buyutnya Ratu Victoria.

Dikutip dari Washington Examiner, Kamis (8/9/2022), dasar garis suksesi ditetapkan oleh hukum Inggris setelah dikodifikasikan dalam Bill of Rights pada tahun 1689 dan Act of Settlement pada tahun 1701.

Garis suksesi jika Ratu Elizabeth II meninggal dunia, maka putranya Pangeran Charles pewaris langsung untuk menggantikan takhta. Setelah itu, Pangeran William yang dikenal sebagai Duke of Cambridge, berada di urutan ketiga, diikuti oleh Pangeran George dari Cambridge.

Kemudian Putri Charlotte dari Cambridge diikuti oleh Pangeran Louis dari Cambridge. Keenam dalam garis suksesi adalah Pangeran Harry, Duke of Sussex, diikuti oleh Archie Mountbatten-Windsor dan Lilibet Mountbatten-Windsor. Setelah itu, garis suksesi diserahkan kepada Duke of York, diikuti oleh Putri Beatrice.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut