get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Ritual Sakral Mangkuk Merah Suku Dayak, Pertanda Perang

Ritual Sakral Tari Tayub Bayar Danyang di Watu Goyang Mangunan

Sabtu, 17 September 2022 | 07:30 WIB
header img
Tujuh penari Tayub Bayar Danyang menari di atas Bukit Watu Goyang. (Foto : MPI/erfan Erlin)

GUNUNGKIDUL, iNews.id- Keindahan wisata Watu Goyang yang berada di Padukuhan Cempluk Kalurahan Mangunan Kapanewon DlingoBantul mungkin sudah banyak yang tahu, namun ada ritual tertentu yang dilakukan ditempat tersebut, belum banyak yang mengetahui. 

Semilir angin gunung berhembus ditambah alunan musik mulai sayup-sayup terdengar, semakin lama semakin nyaring.

Hamparan permadani perbukitan nampak semakin membuktikan keindahan alam Bukit Watu Goyang.

Tujuh penari mengenakan baju serba cokelat muda dikombinasikan dengan kuning satu persatu keluar menuju ke panggung terbuka di batas tebing destinasi wisata 'Watu Goyang', salah satu objek wisata di antara belasan tempat indah di Dlingo.

Para penari mulai bergerak mengikuti irama yang terdengar sakral menyayat kalbu. Perlahan-lahan gerakannya semakin rampak yang membuat para penari larut dalam tariannya. Penonton terdiam menyaksikan gerakan para penari.

Jumat Kliwon ini, masyarakat Dusun Cempluk Kalurahan Mangunan Kapanewon Dlingo memang tengah menggelar acara merti dusun(bersih dusun). Ritual yang hanya mereka gelar tiga tahun sekali, setiap Jumat Kliwon Bulan Sapar dalam penanggalan Jawa.

Dukuh Cempluk, Rohmad menuturkan, Jumat Sore ini mereka sengaja menggelar Tayun Bayar Danyang. Seni tari sebagai wujud ritual mereka untuk berkomunikasi dengan makhluk-makhluk ghaib yang ada di Padukuhan Cempluk Mangunan ini. "Ini tarian khusus yang kami gelar pada momen tertentu," tutur dia Jumat.

Salah satu gerakan Tayub Bayar Danyang adalah dengan memasukkan koin. Hal tersebut sebagai tanda rakyat bersatu dengan pamongnya (pengasuhnya) sehingga terciptalah kerukukan.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut