Kisah Gayatri yang Menolak Digadang Jadi Raja Majapahit

Avirista Midaada
.
Sabtu, 01 Oktober 2022 | 07:38 WIB
Gayatri menolak jadi raja Majapahit (ist)

Perasaan bersalah Gayatri juga begitu besar. Pasalnya ia telah memerintahkan pembunuhan atas sang raja muda, kendati pun ia tidak melakukan demi keuntungan pribadi, dan memang ia tak ingin orang lain berpikir demikian, sebagaimana yang mungkin akan terjadi jika Gayatri mengambil alih takhta sendiri. 

Tetapi ia tak pernah mengutarakan pertimbangan tersebut kepada Gajah Mada. Namun karena rasa hormat Gajah Mada terhadap Gayatri semakin besar dan mereka tetap bersahabat, Gajah Mada tampaknya juga mahfum. 

Tribhuwana sempat diberi tahu ibunya tentang keputusan itu. Tetapi layaknya seorang putri yang lahir dari orang tua bangsawan Jawa, ia tetap menjaga sikap. 

Tribhuwana Tunggadewi gadis yang anggun, pandai membawa diri, ramah, dan tenang. Tingkah lakunya tak pernah gegabah dalam menampilkan perasaan suka cita maupun kekalutan yang tiba-tiba hadir dalam kehidupannya akibat kejadian di atas. 

Tribhuwana akhirnya dilantik menjadi ratu dan upacara perkawinannya digelar sesuai dengan tampilan dan upacara tradisional yang megah. Gayatri pun lega karena pihak kerajaan maupun khalayak pada umumnya menyambut hangat pengangkatan sang ratu muda. 
 

 

 

 

 

artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: https://jatim.inews.id/berita/kisah-gayatri-pilih-jadi-biksu-karena-merasa-bersalah-bunuh-raja-majapahit/2

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini