get app
inews
Aa Read Next : Berikut Jadwal Buka Puasa dan Shalat Wilayah Ponorogo Rabu 13 Maret

Saling Tuding Siapa yang Atur Jadwal Pertandingan Arema FC vs Persebaya

Rabu, 12 Oktober 2022 | 07:19 WIB
header img
PSSI klaim pertandingan Arema FC dan Persebaya dapat rekomendasi kepolisian (ist)

JAKARTA, iNews.id - Polemik tentang jadwal pertandingan antara Arema FC vs Persebaya yang berujung pada tragedi di Stadion Kanjuruhan. PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyebut bahwa jam tayang pertandingan pada Sabtu (1/10/2022) lalu, merupakan permintaan Indosiar selaku broadcaster.

Anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Rhenald Kasali mengatakan, PT LIB mengaku harus memenuhi permintaan tersebut karena merupakan permintaan langsung Indosiar.

"PT LIB mengatakan broadcaster mintanya begitu, harus dipenuhi. Menurut PT LIB," kata Rhenald kepada wartawan, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

Rhenald menyebutkan, permintaan Indosiar itu harus dipenuhi karena menyangkut kontrak yang bernilai cukup besar antara PT LIB dengan Indosiar. Inilah yang membuat pertandingan tersebut akhirnya digelar pada malam hari hingga berujung pada Tragedi Kanjuruhan.

 

"Mereka mengatakan (pertandingan tetap digelar malam), karena broadcaster minta tetap main," ujarnya.

Indosiar menyanggah

Sementara itu, Indosiar selaku saluran televisi (tv) resmi Liga 1 mengklarifikasi perihal alasan siaran pertandingan Arema Malang vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu (1/10/2022) lalu digelar pada pukul 20.00 WIB, di mana setelahnya terjadi tragedi yang menewaskan ratusan suporter.

Direktur Program Indosiar Harsiwi Achmad menegaskan bahwa mengenai jadwal siaran, pihaknya hanya mengikuti jadwal yang sudah disusun oleh oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"Tadi kami menjelaskan jadwal tayang itu sudah disusun oleh LIB dikoordinasikan dengan Indosiar, kemudian dalam perjalanannya terjadi dinamika dan endingnya memang LIB yanv menentukan tayang kemudian Indosiar harus mengikuti jadwal tayang tersebut," kata Harsiwi seusai dipanggil Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Harsiwi pun mencontohkan jadwal Persib Bandung vs Persija Jakarta pada Minggu (2/10/2022) lalu, yang tidak mendapatkan izin di jam 20.00 WIB sehingga dimajukan menjadi 15.30 WIB, dan Indosiar mengikuti itu. Bahkan, selama 2022 ini ada 13-20 jadwal pertandingan yang semuanya ditentukan PT LIB.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut