get app
inews
Aa Read Next : Korupsi Pemotongan Insentif Pegawai BPPD, KPK Tetapkan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Tersangka 

Terlibat Korupsi, Perempuan Muda dan Cantik ini Dieksekusi KPK

Kamis, 13 Oktober 2022 | 19:21 WIB
header img
Nur Afifah Balqis di eksekusi KPK (ist)

JAKARTA, iNews.id - Korupstor muda Nur Afifah Balqis yang telah ditetapkan tersangka okeh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akhirnya ditahan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Tenggarong, Kalimantan Timur.

Koruptor termuda berusia 25 tahun tersebut dijebloskan ke Lapas Perempuan Kelas IIA Tenggarong sesuai dengan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Samarinda. Putusan pengadilan terhadap Nur Afifah dinyatakan telah berkekuatan hukum tetap alias inkrah.

"Jaksa eksekusi Eva Yustisiana, telah selesai melaksanakan putusan Pengadilan Tipikor pada PN Samarinda yang berkekuatan hukum tetap dengan terpidana Nur Afifah Balqis ke Lapas Perempuan Kelas II A Tenggarong," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Kamis (13/10/2022).

Berdasarkan putusan pengadilan, Nur Afifah akan menjalani hukuman pidana penjara untuk waktu empat tahun dan enam bulan (4,5 tahun) dikurangi lamanya masa penahanan saat proses penyidikan. Dalam putusannya, Nur Afifah juga dihukum untuk membayar denda sebesar Rp300 juta.

Nur Afifah dinyatakan terbukti bersalah karena membantu menerima suap sebesar Rp5,7 miliar untuk mantan Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas'ud. Nur Afifah juga turut menikmati uang tersebut. Uang tersebut diduga terkait proyek pengadaan barang dan jasa serta perizinan di Penajam Paser Utara.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut