get app
inews
Aa Read Next : Bikin Mendadak Kaya, Segini Harga Jual Uang Kuno Rp1000 Tahun 1992

Pemuda ini Koleksi Uang Belum Terpotong Asli dari BI hingga Kuno

Minggu, 20 November 2022 | 17:36 WIB
header img
Anas menunjukan uang yang masih belum terpotong dan bersertifikat (foto; inews.id putra)

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Setiap orang memang punya hobi masing-masing, ada yang pelihara hewan, traveling hingga mengkoleksi barang. Seperti yang dilakukan okeh Toyib Nasirudin Nawawi (33), warga Desa Bajang, Kecamatan Mlarak, Ponorogo.

Anas sapaan akrabnya ini mengkoleksi berbagai uang kuno, hingga uang yang belum terpotong asli didapat langsung dari Bank Indonesia.

Koleksinya sendiri, diantaranya ia mempunyai uang keluaran zaman kolonial Belanda. Selain uang kertas, ia juga mengoleksi uang koin berbagai model dan ukuran serta uang yang belum dipotong (uncutting) hingga yang salah potong (miss cutting).

Anas mengungkapkan, bahwa kalau memulai hobinya menjadi kolektor uang sejak 2006. Saat itu ia diberi uang kertas kuno pecahan Rp100 oleh bapaknya yang bergambar Jenderal Sudirman. Dari situlah awal muasal jadi pengen koleksi uang.


foto; inews.id putra

"Mau dibelikan sudah tidak laku, terus saya lihat kok bagus dan ternyata tidak banyak orang yang punya. Berarti kan barang langka, akhirnya saya koleksi,” katanya.

Uang-uang kuno yang dikoleksi cukup beragam, masih menurut Anas, bahwa untuk kondisinya sendiri sebagian besar masih sangat bagus. Ada uang pecahan 1 rupiah, kemudian uang bergambar tokoh pewayangan gatot kaca dengan bertuliskan bahasa kuno.


foto; iNews.id/putra

Lebih lanjut, Anas menambahkan, setelah mulai menyimpan uang pertamanya itu, ia pun punya niat untuk menambah uang kuno untuk dikoleksi.

"Saya cari, terus dapat informasi hingga berkenalan dengan kolektor lain di Jakarta, Surabaya, Probolinggo, Malang," ucap Anas.

Karena rasa sukanya menyimpan uang kuno, Anas pernah mengikuti lelang untuk mendapatkan uang plano atau uang bersambung pecahan Rp100.000.

"Saat itu saya beli Rp22 juta. Saya simpan ternyata ada yang menawar lalu saya lepas seharga Rp40 juta," terangnya.

Anas juga pernah membeli uang kuno berjenis uang barong seharga Rp3 juta. "Karena uangnya ini langka apalagi uncirculated atau belum pernah beredar dan kondisinya masih sangat bagus, jadi harganya mahal," jelasnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut