get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Formasi PPPK Pemkab Ponorogo Kosong, Ini Rinciannya

6 Khasiat Air Kelapa Muda yang Jarang Diketahui, Bisa Bikin Kurus dan Percantik Kulit

Kamis, 24 November 2022 | 11:13 WIB
header img
Air kelapa muda mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Foto: Ist

4. Sumber elektrolit 

Manfaat air kelapa muda berikutnya yakni sumber elektrolit. Hal ini karena air kelapa mengandung elektrolit seperti potasium dan magnesium. Beberapa penelitian menemukan, air kelapa mungkin lebih bermanfaat daripada air biasa untuk mengatasi dehidrasi setelah berolahraga. 

Faktanya, satu studi kecil tahun 2014 di Brazil menemukan, air kelapa meningkatkan kapasitas olahraga lebih baik daripada air putih biasa atau minuman olahraga selama temperatur udara yang cukup panas. 

5. Menurunkan tekanan darah 

Manfaat air kelapa muda lainnya, yakni menurunkan tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan, air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah. 

Studi terbaru di tahun 2021 yang melibatkan tikus dengan diabetes menemukan, air kelapa mengurangi glukosa darah pada tubuh hewan tersebut. 

Adapun manfaat gula darah tambahan lainnya dari air kelapa adalah sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan prediabetes. Air kelapa juga mengandung karbohidrat (yang perlu dipecah menjadi gula dalam tubuh). 

Jadi, jika Anda hidup dengan diabetes atau pradiabetes, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi sebelum menambahkannya ke dalam menu diet Anda! 

6. Dapat mengurangi berat badan 

Manfaat air kelapa di urutan terakhir, yaitu dapat membantu Anda mengurangi berat badan. Perlu diketahui, satu gelas air kelapa murni mengandung 45 kalori. 

Jadi, air kelapa bisa menjadi alternatif pengganti minuman manis yang dapat ditambahkan dalam diet Anda.  

Mengganti air putih dengan air kelapa dapat mendukung penurunan dan mempertahankan berat badan yang stabil. Itulah deretan manfaat air kelapa muda. Anda tertarik mencobanya?

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut