get app
inews
Aa
Read Next : Gunung Salak Disebut Punya Banyak Cerita Mistis, Suara Gamelan hingga Titik 47

5 Hal Mistis Tentang Jenglot, Makhluk Penyuka Darah Manusia

Jum'at, 13 Januari 2023 | 21:09 WIB
header img
Penampakan jenglot yang dipercaya penyuka darah manusia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Dalam dunia mistis dan perdukunan pasti tidak asing dengan jenglot. Sesosok mirip manusia namun punya tubuh kecil, dan bergigi taring.

Jenglot merupakan makhluk mistis yang memiliki perwujudan mirip manusia, namun panjangnya hanya 10-17 cm.

Kulit berwarna gelap dengan tekstur kasar, sedangkan bagian wajahnya seperti tengkorak dan bertaring di mana taringnya sedikit mencuat, serta mempunyai rambut dan kuku yang panjang. Jenglot juga dipercaya mempunyai daya mistis dan konon memakan darah manusia.

Selain itu masyarakat Indonesia juga mempercayai bahwa jenglot sebagai makhluk yang dapat mengundang bencana. Berdasarkan ciri-ciri fisik yang ada.

Berikut adalah 5 hal mistis tentang jenglot

1. Darah sebagai tumbal, atau makanan jenglot

Bagi orang-orang yang menginginkan kekayaan secara instan. Kebanyakan dari mereka diketahui melakukan pesugihan jenglot.

Di mana terjadi perjanjian antara jenglot dan manusia dengan syarat-syarat tertentu. Setelah permintaan dari manusia terpenuhi jenglot kemudian meminta imbalan, di mana tumbal yang diminta adalah makanan berupa darah.

2. Konon berasal dari manusia

Ada banyak teori asal mula keberadaan makhluk bertubuh mini ini. Salah satunya ada yang menyatakan bahwa jenglot adalah seorang manusia yang bertapa hingga tubuhnya mengecil seukuran janin berumur empat bulan. Di mana ia ingin membalaskan dendam.

Versi lainnya adalah seorang manusia yang mempraktikkan sihir terlarang agar hidup secara kekal. Ketika orang tersebut meninggal, tubuhnya justru ditolak Bumi sehingga tidak terurai dan menyusut menjadi jenglot.

3. Kulit jenglot memiliki karakter DNA mirip manusia

Jenglot ini didefinisikan sebagai bukan makhluk hidup, karena setelah diteliti oleh tim forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dalam pemeriksaan menggunakan foto sinar rontgen, tidak ditemukan unsur tulang sebagai penyangga orang makhluk hidup.

Namun, yang paling mengejutkan adalah lapisan kulit jenglot yang terkelupas ini memiliki DNA mirip primata sejenis manusia.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut