get app
inews
Aa Read Next : Bocah 15 Tahun Diduga Cabuli Anak Usia 3 Tahun, Ini Kata Polisi

Cerita Mistis di Balik Lagu Nina Bobo, Apakah Masih Mau Menyanyikannya

Sabtu, 15 Juli 2023 | 08:54 WIB
header img
Kisah mistis lagu Nina Bobo, anak meninggal usai mendengarkannya Foto: Ilustrasi/Istimewa

PONOROGO, iNewsPonorogo.id -Menyanyikan lagu 'Nina Bobo', seakan sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Tujuannya agar si anak bisa segera tidur nyenyak lantaran irama lagu ini terdengar lembut dan sangat menenangkan.

Sepenggal lirik lagu itu ternyata menyimpan kisah mistis di belakangnya. Kepercayaan ini bukan isapan jempol dan Anda yang tak begitu percaya.

Mengutip laman Mister Aladin, lagu 'Nina Bobo' ternyata berasal dari cerita Helenina, seorang anak berdarah campuran Indonesia dan Belanda.

Ibu Helenina, Mustika, adalah perempuan Indonesia bersuku Jawa. Ia berprofesi sebagai penari. Sedangkan ayahnya, Van Rodjnik berkewarganegaraan Belanda.

Menurut beberapa sumber, liriknya, ya, seperti yang kalian dengar selama ini. "Nina bobo, oh nina bobo. Kalau tidak bobo digigit nyamuk." Nina dalam lirik tersebut diambil dari sapaan akrab Helenina. Jadi, arti dari Nina bobo adalah Helenina tidur.

Menyanyikan lagu 'Nina Bobo' langsung membuat Helenina tidak lagi susah tidur, meski menjadikannya ketergantungan dengan lagu tersebut. Setiap mau tidur, dia harus mendengar lagu itu terlebih dahulu.

Singkat cerita, kabar duka datang dari keluarga ini. Helenina yang masih berumur 6 tahun meninggal dunia.

Dia meninggal karena menderita penyakit yang cukup parah. Kematian Helenina jadi awal kisah mistis lagu 'Nina Bobo'.

Pada suatu malam, Rodjnik, ayah Helenina, melihat istrinya, Mustika sedang menyanyikan lagu 'Nina Bobo'. Mustika melakukan itu karena dia merasa Helenia masih hidup dan memintanya untuk menyanyikan lagu tersebut

Mustika masih sangat terpukul atas kematian puteri kesayangannya, dan merasa dihantui Helenina. Hingga akhirnya Mustika pun rutin menyanyikan 'Nina Bobo' setiap malam meskipun sang anak sudah tiada.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut