get app
inews
Aa Read Next : Deretan Artis Terkenal yang Dulunya Penonton Bayaran, Ada Nikita Mirzani

Kisah Yoyok dan Dibalik Berdirinya Waroeng SS

Jum'at, 10 Februari 2023 | 14:02 WIB
header img
Kisah sukses pendiri Waroeng SS (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Siapa yang tidak tahu atau mengenal Waroeng SS atau tempat makan dengan menu utama serba sambal. Namun tidak banyak yang tahu siapa sosok dibalik populernya Waroeng SS, yaitu Yoyok Hery Wahyono.

Yoyok, membuka Waroeng Spesial Sambal pada 2002 dan hingga kini telah memiliki 98 cabang yang tersebar di Indonesia dan serta juga ada di luar negeri, yaitu di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sang pemilik menceritakan, berdirinya Waroeng SS ketika dirinya terbiasa memasak sendiri untuk makanan sehari-harinya. 

Namun, tak disangka bahwa teman-teman satu kosnya sangat menggemari sambal buatannya.

Dari testimoni tersebut, Yoyok kemudian melakukan pengamatan ke beberapa warung makan yang ada di Yogyakarta. Berdasarkan pengamatan tersebut, Yoyok menilai bahwa sambal yang ada di warung makan Yogyakarta rata-rata manis. 

Di awal mengembangkan usahanya, Yoyok tidak menentukan target laba atau omzet yang hendak dicapai. Dia lebih memfokuskan bagaimana produk yang dijajakan dapat dinikmati oleh pelanggan.

Waroeng SS kali pertamanya masih bentuk tenda yang berdiri di sebelah barat Grha Sabha Pramana. Sambal menjadi menu sekaligus ikon utama dari rumah makan ini.

Di tahun 2002, belum ada rumah makan yang mengibarkan ‘bendera sambal’, kebanyakan bisnis kuliner ketika itu tidak banyak pilihan, cuma bakso, soto, dan ayam goreng. Hal ini membuat Yoyok, menjalankan sendiri rantai bisnisnya, mulai dari membuat makanan termasuk sambal, sampai melayani langsung para pelanggan satu per satu.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut