get app
inews
Aa Read Next : Paguyuban Bumi Reog Ponorogo Muncul di Korea Selatan Sejak 2012 Bikin Bangga Indonesia

Perbedaan Korea Utara dan Selatan, soal Kencan hingga Batasan Gaya Rambut

Minggu, 26 Maret 2023 | 10:27 WIB
header img
Warga Korea Selatan lebih modis foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Korea Utara dan Korea Selatan kerap kali jadi pusat perhatian masyarakat dunia. Namun tidak banyak yang tahu bahwa kedua negara punya perbedaan yang sangat menonjol dan terbilang unik.

Hubungan kedua negara berjalan baik tetapi juga bisa dikatakan tidak harmonis. Kedua negara juga terdapat perbedaan yang sangat terlihat jelas baik dalam aspek sosial, ekonomi, maupun gaya hidup.

Simak perbedaan unik Korea Utara dan Korea Selatan berikut ini.

1. Ideologi

Perbedaan paling mendasar antara Korea Utara dan Korea Selatan tampak dari ideologi yang dianut. Korea Selatan menganut paham demokratis dan liberal.

Korea Utara, dulu di bawah penguasaan Uni Soviet, dipengaruhi paham komunis. Secara resmi, Korea Utara memiliki ideologi yang disebut Juche. Ideologi Juche menekankan pada prinsip yakin dan berusaha dengan kekuatan bangsa sendiri.

2. Mata Uang

Kedua negara ini sama-sama menggunakan mata uang won. Namun, meskipun sama-sama menggunakan won, kode ISO mata uang kedua negara ini berbeda. Kode ISO untuk won Korea Selatan adalah KRW, sedangkan Korea Utara memiliki kode KPW.

3. Seni lukis

Para pelukis di Korea Utara sangat berbeda dengan pelukis di Korea Selatan. Pelukis Korea Selatan memiliki kebebasan dalam menciptakan karyanya lantara pemerintah tidak memberikan aturan apa pun.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut